HMI Ciamis Gelar Diskusi Kepengawasan Pilkada Bersama Panwaslu Kabupaten Ciamis

0
0 views

Ciamis – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis mengadakan kegiatan Diskusi Kepengawasan Pilkada 2018 yang bertemakan “Merawat Kebersamaan; Menuju Pilkada 2018 Berintegritas”, Senin (26/3/2018).

Kegiatan Diskusi dilaksanakan di halaman sekretariat Panwaslu Kabupaten Ciamis pada pukul 20.00 sampai pukul 22.00 WIB, yang dihadiri oleh seluruh kader HMI se-wilayah kerja HMI Cabang Ciamis.

Dalam diskusi kali ini sebagai narasumber yaitu Komisioner Panwaslu Kabupaten Ciamis Fahmi Fajar Mustopa dan Samsul Maarif.

Dalam penyampaiannya Komisioner Panwaslu Kabupaten Ciamis, Fahmi Fajar Mustopa menyampaikan agar pemuda/mahasiswa bisa ikut serta berperan aktif mewujudkan Pilkada yang damai.

“Dalam hal pengawasan misalnya, peran elemen pemuda untuk sama-sama mengawasi gelaran demokrasi ini sangat diperlukan,” tuturnya.

Samsul Maarif selaku komisioner Panwaslu kabupaten Ciamis juga menambahkan bahwa Mahasiswa dapat mendorong filterisasi demokrasi yang berkualitas melalui peran aktif pengawasan.

“Jika Pilkada berkualitas tercapai, maka hasil yang akan didapat ialah terpilihnya pemimpim yang berkualitas pula”, ungkapnya.

Panwaslu mempunyai peranan yang penting dalam rangka pengawasan serta mengawal pelaksanaan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara Ketua Umum HMI Cabang Ciamis Hendriana Firmansyah mengungkapkan, Pentingnya peranan pengawas pemilu karena semua pengaduan haruslah melewati satu pintu yaitu pengawas pemilu. Oleh karena itu dalam melaksanakan tugasnya sangat diharapkan pengawas pemilu dapat bekerja secara professional serta bertindak cepat dan tepat dalam penanganan setiap laporan dari masyarakat maupun temuan dari pengawas pemilu sendiri.

“Secara umum pengawasan pemilu ini bukan hanya oleh panwaslu saja melainkan seluruh elemen masyarakat harus ikut serta dalam mengawasi dan mengawal dalam penyelengaraan pemilu, demi terwujudnya pilkada yg demokratis dan brintegritas” pungkasnya. (Aep/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here