HMI Ciamis Gelar Kajian Problematika Dakwah

HMI dan juga kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  Kabupaten Ciamis di Aula DPM dan PTSP Kabupaten Ciamis, Kamis(30/03/17). (F

CIAMIS-Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis mengadakan kegiatan kajian tentang problematika dakwah bersama dengan Rakanda Wasdi Ijudin selaku alumni HMI dan juga kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  Kabupaten Ciamis di Aula DPM dan PTSP Kabupaten Ciamis, Kamis(30/03/17).

Rakanda Wasdi menjelaskan tentang Problem-problem dakwah diantaranya tujuan dakwah, Pendakwah (Dai), dan madu (objek dakwah) diantara ketiga permasalahan tersebut beliau menjelaskan secara terperinci maslah pokok dalam tujuan dakwah tersebut.

“Bahwa tujuan dakwah itu ada 2 yang pertama Intermediqte Goal contohnya seperti mengajak kepada manusia untuk berbuat baik dan selanjutnya ada Ultimate Goal adalah tujuan yang paling utama yaitu kepada Alloh Swt,” ungkpanya.

Lanjut dia, selain itu juga beliau menjelaskan terkait problem dakwah yang kedua yaitu pendakwah atau Dai yang seharusnya memiliki beberapa kriteria yaitu keimanan yang kuat, keilmuan yang luas, pengamalan dan kepiyawayan dalam menyampaikan dakwah.

“Kriteria ini justru yang kadang menjadi problem yang di alami oleh para pendakwah, dan problem dakwah yang terakhir yaitu madu atau objek dakwah kalau 2 permasalahan yang tadi di atas (tujuan dan pendakwah) sudah teratasi. Tinggal respon dri pada mustami atau       jamaah yang mendengarkan dakwah karena respon dari masyarakat lebih antusias mendengarnya” ujarnya.

Sementara itu Direktur Umum LDMI HMI Cabang Ciamis Solihin Susanto mengungkapkan kami dari Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) akan berusaha menyelesaikan permasalahan-permaslahan dakwah yang muncul di masyarakat, tentunya dengan bantuan dan dukungan dari semua pihak baik Pemerintahan, Tokoh, Cendekiawan, Mubaligh, Kyai, dan para Dai.

“Ucapan banyak terima kasih dari kami atas sambutan yang sangat hangat ini dari Rakanda Wasdi Ijudin, juga terimakasih banyak telah menyempatkan waktunya untuk mengisi kajian dan memfasilitasi tempat,” pungkasnya.

Solihin menambahkan kami juga berharap kepada stikholder yang lain untuk bisa menyumbangkan ilmunya dan membuka kran diskusi dengan LDMI, “Untuk bersama -sama mengembalikan moral bangsa dengan nilai- nilai dakwah islamiyah yang Universal,” ungkapnya. (Ferry/Nolduanews.com)