HMI Ciamis Sesalkan APK Caleg Di Angkutan Umum

0
49 views

CIAMIS – Memasuki masa kampanye pada pemilihan umum tahun 2019, saat ini masih banyak pelanggaran alat peraga kampanye (APK) yang dilakukan Tim Kampanye Calon legislatif (Caleg) maupun Timses Capres Cawapres.

Seperti halnya di Kabupaten Ciamis, alat peraga kampanye (APK) seperti baligho, poster serta stiker Caleg yang dipasang tidak sesuai aturan, salah satunya yaitu ditempel di mobil angkutan umum yang sudah jelas melanggar aturan PKPU No 23 tahun 2018.

Aturan PKPU No 23 Tahun 2018 di pasal 51 tentang Kegiatan lain ayat 2 point (d) dengan nada, mobil pribadi atau milik pengurus partai politik yang berlogo partai politik peserta pemilu.

Dalam hal ini ketua terpilih Formateur Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis Hernawan, menyayangkan banyaknya pelanggaran APK yang terjadi di Kabupaten Ciamis.

“Seharusnya ini tugas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang berperan sebagai lembaga penyelenggara pemilu, yang seharusnya bertugas mengawasi semua pelanggaran baik itu APK dan lain sebagainya yang menyakut pelanggaraan kampanye,” katanya kepada Nolduanews, Sabtu (17/11).

Hernawan meminta, kepada Bawaslu Kabupaten Ciamis selaku pengawas pemilu, agar berkordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Organda dalam pemasangan APK yang dipasang di angkutan umum.

“Bawaslu harusnya kordinasi dengan Dishub dan organda, dalam mensosialisasikan aturan PKPU No 23 Tahun 2018, supaya tim kampanye dan para Caleg tau, bahwa pemasangan di angkutan umum melanggar aturan,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here