HMI : Kejaksaan Negeri Ciamis Harus Bisa Transpran Dengan Masyarakat

Ketua Umum HMI Cabang Ciamis Hendriawan Firmansyah.

CIAMIS-Kejaksaan Negeri merupakan lembaga vertikal pemerintah berkedudukan di Kabupaten/Kota dan Daerah yang melaksanakan tugas dan wewenangnya di bidang penuntutan dan juga melaksanakan tugas dan wewenang di bidang penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi.

Kejaksaan Negeri Ciamis yang berada di daerah Kabupaten Ciamis dengan menaungi tugas dan wewenang di Dua Kabupaten yaitu Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dalam penyidikan dan penuntutan perkara korupsi haruslah terbuka dan transparan.

Hal tersebut disoroti oleh Ketua Umum HMI Cabang Ciamis Hendriawan Firmansyah dan ia juga sebagai masyarakat mengukapkan Kejaksaan Negeri ciamis harus membuka informasi terkait perkara korupsi yang ditangani jajarannya, pengungkapan dan keterbukaan ini dirasa sangatlah penting sehingga masyarakat bisa mengetahui demi terwujudnya lembaga pemerintah yang transparan dan akuntabel.

“Dengan adanya informasi penanganan perkara korupsi kepada publik, diharapkan masyarakat bisa ikut memantau, mengawasi dan membantu dalam menindak perkara korupsi di kabupaten Ciamis dan Pangandaran,” ungkapnya setelah ditemui di Sekertariat HMI Cabang Ciamis, Selasa (11/07/2017).

Tambah dia, sejak pergantian Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis yang di seremonialkan dalam acara pisah sambut pada bulan juni 2016 lalu, kami menilai belum ada informasi yang signifikan dan jelas mengenai perkara tindak korupsi.

“Ini dikhawatirkan akan menaruh kecurigaan tingkat kepercayaan masyarakat dalam tugas dan kinerja Kejari Ciamis, hal ini tentu menjadi pertanyaan terutama mengenai perkembangan penanganan perkara korupsi,” ujarnya. (Ferry/Nolduanews.com)