Ini Alasan Perlunya Manasik Haji

Ciamis – Sebelum berangkat melaksanakan Ibadah Haji ke Mekah, para jemaah haji dibekali dengan tata cara berhaji sesuai dengan rukun dan wajib haji, hal ini disebut dengan Manasik haji.

Manasik Haji diwajibkan sebagai upaya agar Jamaah Haji bisa melaksanakan seluruh proses berhaji secara sempurna. Jamaah haji bisa melaksanakan ritual haji secara mandiri.

Menurut Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umroh Kemenag Ciamis, H. Asep Lukman Hakim, saat ini mayoritas jamaah calon haji memiliki banyak kelemahan, diantaranya faktor usia dan faktor pendidikan.

“Karena faktor kelemahan tersebut, banyak jamaah yang memiliki ketergantungan kepada orang lain, misalnya kapada KBIH” tuturnya

Kata Asep, Istito’a dalam ayat alQuran bukan hanya mampu secara fisik dan materi saja, tetapi harus mampu juga secara keilmuan. Makanya manasik menjadi bagian dari upaya membangun kemampuan jamaah secara keilmuan.

Lanjut Asep, karena berhaji itu kewajiban sekali seumur hidup. banyak masyarakat yang menganggap ilmu berhaji tidak terlalu penting untuk dipelajari. Sehingga baru dipelajari saat mau berangkat haji.

“Dan itu PR kita bersama” ujarnya.

Asep merasa saat ini sudah ada kemajuan dalam tata cara memahami proses berhaji. Misalnya dipelajarinya manasik haji dari mulai anak – anak PAUD.

“Ini bagian dari kesiapan masyarakat menghadapi pelaksanaan ibadah haji, sebab diantara anak-anak saat ini kelak akan ada yang berangkat haji” pungkasnya (aep/nolduanews)