Connect with us

Berita

Ini Kata BNNK Ciamis Terkait Penolakan Liputan Wartawan

Published

on

Ciamis – BNNK Ciamis yang diwakili oleh Kasi Rehabilitasi Aris Mulyana menyampaikan permohonan maafnya terkait kejadian penolakan wartawan saat meliput sosialisasi di salah satu hotel di Ciamis, Rabu (27/2/2019).

Menurut Aris kejadian tersebut merupakan kesalahpahaman pegawainya yang bertugas sebagai penerima tamu di depan.

“Sebenarnya bukan ditolak tetapi kesalahan dalam menulis di buku tamu saja, dan ini karena ketidaktahuan petugas kami,” ungkapnya.

Aris mengakui bahwa petugasnya salah memberikan penyampaian kepada rekan – rekan media sehingga timbullah kejadian ini.

“Jujur kami tidak bermaksud menolak rekan – rekan media yang mau meliput kegiatan, karena selama ini telah terjalin sinergitas yang baik antara media dengan BNNK sendiri. Atas nama instansi kami mohon maaf dengan kejadian tersebut,: terangnya.

Menyikapi hal tersebut Ketua bidang Advokasi PWI Ciamis Aef Saefullah menyesalkan dengan adanya penolakan terhadap wartawan. Seorang wartawan masuk ke dalam arena kegiatan BNNK karena mereka sedang menjalankan tugas sebagai jurnalistik.

“Tidak ada alasan apapun bahwa petugas tidak tahu apa – apa kan itu sudah meliputi institusi BNNK Ciamis. Dan harus diketahui sebagai wartawan kami di lindungi UUD pers No 40 tahun 1999 yang mana tugas jurnalistik meliputi mencari ,memproleh ,memiliki ,menyimpan ,mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan ,suara ,dan gambar bilamana sampai menghalang halangi tugas sebagai Jurnalistik ada sangsi pidana dua tahun.”Jelas Aef .

Untuk permintaan maap dari BNNK Ciamis kepada institusi PWi dan kepada semua Wartawan kami maapkan jangan sampai kejadian tersebut terulang kembali dan mencederai tugas kami sebagai Jurnalis .”pungkasnya.

Sebelumnya Arul dari media Galuh.id mengatakan dirinya bersama Rudiat dari wartawan Radar Tv merasa di lecehkan saat melakukan tugas dan tupoksi sebagai Jurnalis untuk melakukan peliputan acara BNNK Ciamis.

Bahwa kami sebagai jurnalis datang untuk melakukan peliputan. Pada saat panitia menyuruh mengisi daftar hadir kami pun mengikuti perintahnya. Tetapi, setelah pengisian daftar hadir petugas BNN mencoret dan menyebutkan bahwa media tidak boleh masuk ke acara.”tuturnya.

“Dengan perkataan itu kami sebagai jurnalis merasa d lecehkan terlebih ketika mereka menghalang halangi tugas jurnalistik .”Pungkasnya. (Ayu/NolduaNews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita

Pengurus LAPMI HMI Ciamis Periode 2018-2019 Resmi Dilantik

Published

on

Foto: Hernawan Ketua Umum HMI Cabang Ciamis membacakan ikrar pelantikan pada proses Pelantikan LAPMI HMI Cabang Ciamis Periode 2018-2019, Sabtu (23/3/2019). Ata/Nolduanews

Ciamis, (Nolduanews.com) –Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2018 – 2019, resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Hernawan, di aula Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Sabtu (23/03/2019).

“Alhamdulillah, sekarang pengurus sudah resmi dilantik. Selamat berproses, semoga amanah mengemban tugas.” ujar Hernawan.

Pengurus yang dilantik merupakan hasil Musyawarah Lembaga II LAPMI HMI Cabang Ciamis pada 3 Februari 2019. Terpilih sebagai Direktur Utama dalam MUSLEM ke-II tersebut adalah Muhamad Adi Rifqi.

Usai dilantik, Direktur Utama LAPMI HMI Cabang Ciamis, Adi Rifqi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, atas dukungan dan kerja sama yang baik dengan LAPMI. Ia juga berjanji akan berkontribusi untuk mengembangkan minat kader di bidang jurnalistik.

“Kami akan terus berinovasi dalam mengembangkan minat dan bakat kader dalam bidang jurnalistik. Kami siap untuk menerima masukan-masukan dan bekerja sama, demi HMI yang lebih baik,” ujar Adi.

Anjar Asmara mantan Ketua PWI Ciamis menyampaikan pengalaman sebagai jurnalis kepada para kader HMI dalam kegiatan Pelantikan LAPMI HMI Cabang Ciamis di Aula Disbudpora, Sabtu (23/3/2019). Ata/Nolduanews

Pelantikan Pengurus LAPMI HMI tersebut juga dihadiri Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani, mantan Ketua PWI Ciamis, Anjar Asmara, mantan Direktur Utama LAPMI HMI Cabang Ciamis, Ade Taufiq Arifin serta kader HMI se-wilayah kerja HMI Cabang Ciamis.

Sementara Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani mengucapkan selamat atas dilantiknya semoga mampu menghasilkan jurnalis mahasiswa yang idealis dan berkualitas.

“Selamat atas dilantiknya LAPMI HMI Cabang Ciamis, semoga bisa lebih bergairah kembali dalam beraktifitas organisasi dan kritik baik dalam bentuk langsung atau tulisan”. tandasnya.

Mantan Ketua PWI Ciamis, Anjar Asmara juga mengampaikan pengalamannya sebagai seorang jurnalis, bahwa sebagai jurnalis kita harus kerja keras dan cerdas. Tips mencapai sukses yaitu bangun pagi dan bergerak.

“Bangun pagi dan melaksanakan planning yang akan dibuat itu salah satu tips sukses saya” ungkapnya.

Anjar percaya bahwa LAPMI HMI adalah lembaga jurnalis mahasiswa yang idealis kritis dengan ciri khas organisasi HMI. Saya merasa rindu HMI bergaung kembali mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Saya merasa rindu mendengar HMI melakukan aksi memperjuangkan aspirasi yang pro-rakyat,” ucap Anjar. ATA/Nolduanews.com

Continue Reading

Berita

Ribuan Warga Ciamis Tonton Kirab Budaya Mieling Ngadegna Galuh

Published

on

CIAMIS-Kirab budaya di Acara Mieling Ngadegna Galuh ka 1407 7 (23 Maret 612 M – 23 Maret 2019 M)  berlangsung semarak Sabtu (923/3/2019). Ribuan warga Kota Ciamis dan sekitarnya tumplek memenuhi jalan yang dilalui kirab. Kirab dimulai dari Keraton Selagangga di Jalan KH Ahmad Dahlan sampai ke Situs Jambansari.

Pantauan nolduanews.com, sejak pukul 07.00 sudah menyemut di jalur yang akan dilalui peserta kirab. Warga ingin melihat langsung kamonesan (kesenian) yang akan dibawa karnaval. Ada bebegig dari Sukamntri, Replika wayang raksasa, calung, reog dan berbagi kamonesan lainnya.

Menurut Ketua Panitia Miéling ngadegna Galuh ka 1407, Ricky Andriawan Mardjadinata ragam kesenian akan ditampilkan hadir juga budayawan seperti Kang Budi Dalton, Kang Man Jasad dan Kang Dedi Mulyadi Purwakarta, Pandu Radéa dari Tapak Karuhun Nusantara juga dari akademisi Rektor Unigal, Yat Rospia Brata yang juga Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis.

“Kang Oni Suwarman salah satu artis dan seniman yang merangkap anggota DPD RI juga akan hadir membawakan acara. Nanti juga ada jawara pakidulan,” katanya,

Menurut dia acara Miéling ngadegna Galuh ka 1407 adalah sebuah napak tilas perjalanan Kerajaan Galuh, sebagai bentuk pernghormatan para putra /incu putu Galuh terhadap nama besar Galuh dan para leluhur Galuh yang telah melahirkan sejarah panjang Kerajaan Galuh.Miéling ngadegna Galuh ka 1407 ini memiliki tujuan agar generasi saat ini tidak pareumeun obor. Terlebih acara ini digelar adalah untuk mempererat tali silaturahim sesama saudara yang masih reueus dan mengalir semangat Galuh dalam dirinya.

Hildawati salah seorang mahasiswa Unigal yang menonton acara tersebut mengaku bangga dengan budaya Galuh. Dia berharap acara serupa tetap digelar dan lebih marak lagi. (rasy/nolduanews)

Continue Reading

Berita

Ketua DPD PKS: Kami Menolak Tegas Terkait Penundaan Pelantikan Bupati

Published

on

Ketua DPD PKS sedang memimpin konfrensi pers terkait pernyataan sikap penundaan pelatikan Bupati Ciamis dikantor DPD PKS Kabupaten Ciamis, Jumat (22/03/2019). Foto: Istimewa

Ciamis– “Sebagai partai pengusung Bupati Herdiat – Yana kami menolak dengan tegas terkait penundaan pelantikan bupati Ciamis,”. Demikian disampaikan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Dede Herli pada saat konfrensi pers terkait pernyataan sikap penundaan pelatikan Bupati Ciamis dikantor DPD PKS Kabupaten Ciamis, Jumat (22/03/2019).

Dalam hal ini DPD PKS Ciamis pun mengeluarkan surat petisi penolakan penundaan pelantikan bupati Ciamis yang nantinya akan di sampaikan ke gubernur Jawa Barat dan Kementrian Dalam Negeri.

“Setelah konfrensi pers dilakukan kami langsung menuju gedung DPRD Ciamis untuk menyampaikan surat petisi ke pimpinan DPRD,” ujarnya.

Dikatakan Dede, pengunduran ini diduga ada indikasi pelanggaran perundang – undangan sehingga sangatlah tidak objektif dengan alasan kondusifitas menjelang Pilpres 2019.

Dede menilai adanya wacana digantikan oleh Pejabat sementara yang hanya berlaku 2 bulan itu akan tidak efektif.

“Berdasarkan jadwal, pelantikan bupati itu tanggal 7 April 2019. Jadi buat apa harus repot-repot melantik pejabat sementara yang hanya untuk 2 bulan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana mengaku baru pagi ini menerima surat edaran dari gubernur. s

“Hari ini juga kami akan melakukan rapim untuk membahas terkait penundaan pelantikan bupati,”pungkasnya. (Ayu/ Nolduanews.com)

Continue Reading

Trending

%d bloggers like this: