Ini Penyebab Harga Telur Ayam Merangkak Naik

Camis – Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, harga bahan pokok di Kabupaten Ciamis terus merangkak naik, terutama telur ayam yang saat ini dari hari ke hari terus merangkak naik.

Saat normal, harga telur ayam sekitar Rp. 17.000/ Kg di pasar umum. Kini harga telur ayam mencapai Rp. 25.000/kg nya. kenaikan hampur mencapai 40%.

Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelur Kabupaten Ciamis (P2APC) H. Kusnadi Akaw menjelaskan Kenaikan harga telur ayam di Kabupaten Ciamis ini merupakan kali pertamanya ditahun 2017 ini.

“Selain kebutuhan telur ayam menghadapi natal dan tahun baru meningkat, pelaku usaha telur dan peternak telur ayam mengalami permasalahan terkait pakan dan modal. Jadi produksi telur ayam di Ciamis menurun,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis (21/12/2017).

Menurut Akaw sapaan akrab H. Kusnadi, rendahnya produksi telur ayam dari peternak menjadikan harga telur terus meningkat. Kalau saja permasalahan dari peternak telur ayam saat ini tidak bisa diperbaiki, kata dia kemungkinan harga telur ayam akan terus naik.

“Saat ini peternak dan pelaku usaha telur ayam banyak yang gulung tikar karena permasalahan modal, pakan dan lain-lain yang merugikan peternak,” ungkapnya.

Menyikapi permasalahan peternak dan pelaku usaha telur ayam saat ini, Akaw berharap peran Pemerintah khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan harus ikut adil lebih besar dalam menanggulangi permasalahan ini.

“60 % itu kebutuhan pakan ternak dari jagung. jadi tugas Dinas Pertanian harus bisa memberi pengertian kepada petani dalam menanam jagung, sedangkan untuk Dinas Peternakan bagaimana caranya kepada PPL Peternakan memberikan sosialisasi bagi pelaku usaha tentang bagaimana berternak yang bagus agar tidak merugikan pelaku usaha,” katanya.

Tambah dia, harga telur ayam saat ini di Kabupaten Ciamis mencapai Rp. 25.000 per kilogram ditingkat eceran, dan harga tersebut merupakan harga termahal selama tahun 2017. Sedangkan di tingkat produsen sekitar Rp. 23.500/ kgnya. (Ferry/ Nolduanews.com)