Ini Profil Jemaah Haji Termuda Asal Ciamis

by

Saudi Arabia – Antrian keberangkatan haji di kabupaten Ciamis pada pertengahan tahun 2019 mencapai 15 tahun. Artinya, pendaftar hari ini akan berangkat 15 tahun kemudian. Namun begitu, ditengah antrian masa tunggu yang begitu lama, nama Irfan Hidayat tercatat sebagai jemaah haji termuda asal Ciamis pada tahun ini

Sangat beruntung Putra pasangan H. Engkos Kosasih dan
Ibu Hj.Enok Rohimah ini bisa menjalankan ibadah haji pada usia 22 tahun. Irfan tinggal di desa pamokolan kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis.

Irfan diketahui mendaftar haji pada tahun 2012, saat masih berstatus siswa kelas 1 di MTs Al Islah Ciahurbeuti. Ia mengaku saat didaftarkan kedua orangtuanya, tidak begitu mengerti soal urusan haji.

Baru saat dia menjadi siswa MA Al Islah diberitahu soal kesiapan keberangkatannya ke Tanah Suci Mekah. Saat itu ia baru menyadari kalau dirinya akan berangkat haji.

Lajang kelahiran Ciamis, 20 September 1997 itu kini berangkat bersama ibunya.
Bahkan lebih unik lagi. Adiknya atas nama Epi Lestari didaftarkan oleh kedua orangtuanya saat masih duduk di bangku kelas 2 sekolah dasar. Epi rencananya berangkat pada tahun 2021 saat usinya menginjak 18 tahun.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa berangkat haji pada usia muda. Tidak terbayang jika daftar sekarang harus nunggu lama” ujar Irfan saat ditemui Nolduanews di Pemukiman Mina di Arab Saudi.

Disampaikan Irfan, setelah Lulus MA tahun 2016, Ia Langsung diboyong bapaknya ke Serang Banten. Ia bersama orangtuanya dididik bisnis. Untuk kemudian disiapkan menjadi penerus bisnis orangtuanya.

“Ibadah haji adalah ibadah fisik, saya menyarankan pada kaum muslimin yang beniat haji untuk secepatnya mendaftar pada usia muda, agar bisa menjalankan semua proses ibadah dalam kondisi prima” papar Irfan.

Penelusuran Nolduanews di Maktab tempat Irfan menginap, selama menjalankan ibadah haji ia menjadi jamaah yang paling siap secara fisik dan tidak pernah terganggu kesehatan fisiknya. (Aep Saepulloh/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.