Inilah Rencana Revitalisasi Alun-Alun Ciamis Yang Membutuhkan Anggaran Rp 21 M

0
9 views

CIAMIS – Perencanaan revitalisasi Alun-Alun Ciamis yang dilakukan oleh, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Perumahan dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis terus bergulir, Perubahan Alun-Alun tersebut, tidak lain untuk menyajikan keindahan dan kenyaman kepada masyarakat Ciamis.

DPRKPLH Kabupaten Ciamis saat ini telah melakukan koordinasi terkait Detail Engineering Design (DED) dan tinggal menunggu keputusan dari Bupati Ciamis, Kamis (26/7/2018).

Kepala DPRKLH Kabupaten Ciamis H. Oman Rohman mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk merevitalisasi Alun-alun Ciamis seluas tiga hektare itu menimalnya Rp 21 milyar.

“Perhitungan dari hasil perumusan dan konsep oleh konsultan, anggarannya Rp 21 milyar, angka tersebut bisa lebih karena belum termasuk lighting, sarana permainan anak dan lainnya,” katanya.

Oman menjelaskan, pembangunan proyek revitalisasi Alun-alun Ciamis bisa secara bertahap atau dilangsungkan dalam satu tahun anggaran, dan dilakukan secara berkala atau bertahap, bahkan bisa juga dalam beberapa tahun anggaran.

“Konsep yang diterapkan sesuai hasil gambar rencana revitalisasi Alun-alun, menekankan pada terciptanya ruang-ruang terbuka dengan karakteristik yang memiliki keunikan sesuai zonasi serta Ada 4 zona yang akan di design memberikan ciri dan khas,” jelasnya.

Untuk zona pertama lanjut dia, revitalisasi sculpture, titik pusat Alun-alun yang sekarang ditandai dengan Tugu Raflsia, akan diganti dengan ikon permata yang melambangkan Kota Galuh didesign dengan gaya modern.

“Pada area ini juga tetap dipertahankan jalur pejalan kaki memutar yang dapat digunakan jogging track,” ujarnya.

Zona kedua adalah ruang publik berbentuk oval dengan garis-garis melambangkan permata Galuh berwana ungu khas Ciamis. Ruang terbuka ini di tepiannya terdapat papan-papan informasi yang menceritakan sejarah Kota Ciamis sebagai unsur edukatif.

Sedangkan zona ketiga berbatasan langsung dengan Mesjid Agung, menuju area masjid akan ditingkatkan melalui perubahan ketinggian dan kemiringan level tanah sehingga ruang hijau alun-alun akan menyatu dengan halaman masjid.

“Pada area ini tetap ada jalur pejalan kaki yang menghubungkan Kantor Bupati dengan Kantor DPRD yang diperkuat dengan memberikan fitur kolam dan air mancur yang mengapit Tugu Kemerdekaan,” ungkapnya.

Untuk zona terakhir tambah Oman, bagi zona parkir dan jajanan, akan dibangun di ujung timur Alun-alun atau kawasan billboard yang selama ini digunakan tempat parkir.

“Bangunan berlantai tiga ini di lantai dasar akan menampung puluhan kendaraan roda empat, lantai dua digunakan untuk parkir ratusan sepeda motor, serta lantai tiga akan digunakan sebagai food court dengan konsep untuk mengakomodir para penjual makanan atau PKL yang selama ini rutin beraktifitas di area alun-alun,” ucapnya

Menurut Oman, kedepan Alun- Alun Ciamis selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau, juga tersedia sarana bermain, ruang edukasi,0„2fungsi sosial ekonomi serta tempat parkir yang luas.

“Ke depanya Alun-Alun Ciamis ini akan ada RTH serta sarana bermain lainya,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here