Jelang Hari Batik Nasional SMPN 2 Baregbeg Gelar Lomba Menghias Batik

by -8 views

Ciamis – Menjelang peringatan hari Batik Nasional Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Negeri 2 Baregbeg Kabupaten Ciamis menggelar lomba menghias kelas menggunakan kain batik, Selasa (01/10/2019).

Pantauan Nolduanews puluhan siswa terlihat antusias menghias ruang kelasnya. Beberapa siswa perempuan ada yang memotong kertas kado bercorak batik kemudian menyambungkan dan menggantungkannya di dinding kelas. Sementara siswa laki – laki meniup balon, kemudian mengikatnya di sela – sela kain batik yang dipasang di dinding ruang kelas.

Kepala SMPN 2 Baregbeg Yudi Nugraha mengatakan lomba menghias kelas menggunakan kain batik tersebut baru tahun ini dilaksanakan. Meskipun demikian para siswa antusias mengikutinya, bahkan beberapa diantaranya rela pulang sore.

“Alhamdulillah anak – anak antusias mengikutinya. Meskipun baru tahun ini tapi persiapan mereka bagus, terlihat hiasan di setiap kelas,” jelasnya.

Yudi menuturkan, tujuan sekolahnya mengadakan lomba menghias kelas dengan menggunakan kain batik untuk meningkatkan kecintaan para siswa terhadap kearifan lokal batik.

” Kain batik merupakan salah satu peninggalan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan,” ucapnya.

Yudi berharap, dengan adanya lomba menghias kelas dengan menggunakan kain batik para siswa akan lebih mencintai budaya warisan bangsa Indonesian.

” Kami berharap para siswa akan lebih mencintai kain batik yang merupakan warisan budaya bangsa kita,” ungkapnya.

Yudi menambahkan, adapun kreteria penilaian lomba adalah bagaimana siswa bisa memadukan warna batik, keindahan dan kreatifitas dalam menghias kelasnya.

“Intinya saya selalu kepala sekolah sangat terkesan dan bangga terhadap antusias dan kreatifitas anak – anak. Mereka mendesain, menghias lingkungan kelasnya sesuai keinginan dan kreatifitas mereka, walaupun sederhana tapi terkesan gebyar,” paparnya.

Yudi menuturkan didukung partisipasi aktif wali kelas dan guru, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.

“Berkat peran semua pihak gebyar batik bisa terselenggara dengan baik, anak – anak pun semakin kreatif menuangkan idenya dalam karya seni,” pungkas Yudi. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.