Jelang Pilkades Serentak di Ciamis, Calon Kades Boleh Dari Luar Daerah

0
5 views

CIAMIS – Sebanyak 40 Desa dari 22 Kecamatan di Kabupaten Ciamis akan mengikuti perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2018 mendatang.

Namun begitu, pada Pilkades serentak ini ada aturan baru yang ditetapkan oleh Permendagri, bahwa calon kepala desa tidak harus lagi dari daerah setempat.

“Jadi aturan saat ini walaupun calon kepala desa berdomisili diluar desa yang akan menggelar pilkades, bisa ikut mendaftar sebagai calon kepala desa tersebut. Karena aturan tersebut sudah ada dan juga sudah ditetapkan oleh Mahkamah Kontitusi (MK),” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis Ace Bastaman saat ditemui Nolduanews, selasa (2/10).

Ace menambahkan, anggaran yang dialokasikan untuk Pilkades serentak, mencapai Rp. 1,3 Miliyar. Untuk besaran alokasi anggaran disetiap desa berbeda, karena dihitung berdasarkan hak pilih di desanya masing-masing.

“Sumber anggaran untuk Pilkades serentak tersebut dari APBD Kabupaten Ciamis, anggaran desa dan anggaran cadangan yang sudah masuk dalam APBDes. Untuk anggaranya paling banyak Rp. 43 juta, paling sedikit mendapatkan Rp. 30 juta,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here