Kades Cintajaya Tasikmalaya Rancang Program Ekonomi Kerakyatan

Kabupaten Tasikmalaya.- Pemerintah selama ini fokus pada pencapaian Empat program prioritas pembangunan desa. program unggulan tersebut perlu implementasi riil didaerah dalam pencapaian akselerasi pembangunan diperdesaan. Ke-empat program unggulan tersebut yakni, menentukan produk unggulan kawasan perdesaan ( Prukades), Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes), Embung, dan sarana Olah raga.

Pengembangan desa dengan mengoptimalisasikan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia tentunya akan meningkatkan nilai tambah pada transaksi ekonomi dimasyarakat sehingga posisi tawar desa dipublik akan meningkat.

Pencapaian percepatan pembangunan didesa dikata kan Kepala desa Cintajaya Kecamatan Tanjungjaya, Agus Wijaya, salah satunya bersumber dari pendapatan lain yakni Bumdes.

” penggalian dan pengembangan potensi yang ada didesa tentunya akan menciptakan produk unggulan. dan ketika produk unggulan sudah dikenal umum tentunya ada peningkatan skala produksi, disini peran Bumdes sangat penting”, papar Agus.

Sebagai kepala desa baru. Agus melihat didesanya banyak warga yang menganggur sedangkan jenis usaha yang selama ini ditekuni warga belum maksimal menyerap tenaga kerja didaerahnya.

” Pembuatan kerajinan amparan yang terbuat dari karung terigu yang dijait salah satu produk unggulan di desa ini yang perlu dikembangkangkan, selain kerajinan tangan yang berbahan dasar batok kelapa”, pungkas Agus di rumahnya.
**** (Rusdianto/ Nolduanews.com)