Kadisdik Ciamis : Lingkungan Pengaruhi Karakter Anak Usia Dini

CIAMIS – Anak usia dini merupakan usia emas bagi anak. Dimana, pada usia tersebut anak bisa dengan mudah meniru tentang apa yang ada di lingkunganny. Maka dari itu, di usia dini, orangtua khususnya harus mampu memberikan contoh perilaku yang baik, agar dapat ditiru oleh anak.

“Makanya kita harus hati-hati dalam berperilaku ataupun bertutur kata, karena anak usia dini tidak bisa membedakan mana yang baik dan tidak, apa yang mereka lihat dan dengar akan mereka tiru,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr H Wawan AS Arifien MM saat menjadi Narasumber dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD dan kewirausahaan se Kecamatan Cipaku Senin (30/10/2017) di Aula desa Selacai.

Wawan juga meminta kepada guru atau tenaga pendidik PAUD agar membiasakan anak didiknya untuk disiplin.

Makanya, setiap pendidik PAUD harus berorientasi pada pendidikan karakter anak. Anak perlu diberikan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong.

“Usia anak PAUD adalah masa yang tepat untuk menumbuhkan pendidikan karakter yang baik dalam rangka mencetak generasi penerus yang berkualitas,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Yana D Putra saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, agar menghasilkan uotput anak yang kualified, maka sangat penting bagi para Pendidik PAUD untuk meningkatkan kompetensinya.

“Hasil yang baik akan diperoleh dari pendidik atau guru yang baik” kata Yana. (Coke/Nolduanews)