Kampung Persib : Semua Serba Biru, Bikin Kagum Para Pemain hingga Manager Persib

Warga Kampung Persib di Desa Cintamulya, Jatinangor, Sumedang berfoto bersama Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra. (Aminullah/NDNews)

SUMEDANG-Selama ini warga Dusun Cibungur, Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dikenal karena keramahan dan kesantunannya. Terlebih kepada pendatang.
Desa yang berlokasi di belakang pabrik textile terbesar se Asia Tenggara, PT Kahatex ini pun mudah diakses.

Di Jalan Raya Bandung-Garut (dari Bandung sebelum pabrik Kahatex) hanya berjarak tidak kurang dari 300 meteran.

Kampung ini kian kesohor pasca-warga satu dusun tersebut mengecat rumahnya dengan warga biru. Warna kebesaran klub sepak bola di tanah air, kebanggaan Jawa Barat, Persib Bandung.

Saat pertama kali memasuki dusun tersebut, warga pendatang disuguhkan dengan lukisan-lukisan dinding dan tulisan ‘Viking’ dengan latar belakang warna biru khas Persib.

“Warga di kampung ini semuanya memang bobotoh Persib. Tak hanya kalangan remaja yang mayoritas anggota viking, bapak-bapak dan ibu-ibunya pun bobotoh Persib sejak puluhan tahun lalu,” ujar Yudi Eger (34) warga setempat yang juga merupakan anggota Viking Inheren, Senin (17/7/17).

Yudi mengakui, sejak warga di dua RW di dusun terebut mngecat rumahnya dengan warna kebanggaan Persib, dusun tersebut memang jadi lebih dikenal dengan sebutan Kampung Persib.

“Saat ini, di Desa Cintamulya baru dua RW, yaitu RW 05 dan RW 07 yang rumahnya warganya di cat biru sehingga Cibungur sekarang lebih dikenal Kampung Persib. Tapi karena daerah kami ini menjadi daya tarik tersendiri sejak disebut Kampung Persib, pak kuwu (kepala desa) merencanakan ke depannya satu desa ini jadi Kampung Persib,” tuturnya.

Karena hal ini pula, kata dia, wilayahnya, belum lama ini disambangi para pemain Persib yang datang bersama Manager Persib H Umuh Muchtar.

“Pas pak H Umuh dan para pemain Persib datang ke sini, yang paling heboh itu justru ibu-ibunya. Makluk, ibu-ibu di sini sangat fanatik dengan Persib. Alhamdulillah juga sejak itu jadi banyak yang penasaran dan berkunjung ke kampung kami. Termasuk hari ini, kampung kami didatangi langsung Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra, kami senang karena bisa bertemu langsung dengan beliau,” sebutnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra mengaku kagum sekaligus mengapresiasi adanya Kampung Persib di Sumedang.

“Saya juga baru tahu ini di Sumedang ini ada Kampung Persib. Tentunya saya sebagai wakil rakyat sangat mengapresiasi karena ini wujud kreatifitas warga, khususnya para remaja,” ucap bakal calon Bupati Sumedang periode 2018-2023 dari PDI Perjuangan ini.

Keberadaan Kampung Persib, kata dia, perlu dikembangkan sehingga Desa Cintamulya, Jatinangor, Sumedang pada umumnya bisa lebih dikenal ke luar daerah.

“Kampung Persib ke depannya bisa dikembangkan sehingga bisa menjadi wadah kegiatan positif bagi para remaja. Ini juga yang akan coba kami dorong supaya remaja di sini bisa memiliki kegiatan positif dan bermanfaat. Apalagi nanti Sumedang akan punya stadion Sepak Bola taraf internasional. Adanya Kampung Persib bisa menjadi salah satu etalase Sumedang, yang juga bisa dikembangkan menjadi kampung wisata di Sumedang,” katanya. (Aminullah/Noldunews.com)