Kanit Regiden : Tambah Loket Layanan Untuk Percepat Pelayanan Pajak Kendaraan

by -1,664 views

Ciamis – Untuk mempercepat pelayanan kepada warga yang akan membayar pajak kendaraannya dilakukan penambahan loket layanan, termasuk mengoperasikan dua unit mobil Samsat Keliling di lokasi terpisah. Waktu pelayanan tidak berubah atau seperti biasa, hanya saja waktu pelayanan tuntas lebih sore.

“Kami maksimalkan kerja petugas, sehingga semua wajib pajak dapat dilayani dengan baik. Sesuai aturan, apabila pembayarannya terlambat dari batas waktu yang ditentukan, tentunya juga kena denda,” ungkap Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regiden) Polres Ciamis, Iptu Riki Fahmi Mubarok, S.IK.

Seperti diketahui paska libur panjang lebaran, Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kabupaten Ciamis diserbu warga yang hendak mengurus bayar pajak kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Membludaknya warga antre tersebut berkenaan dengan banyaknya kendaraan yang jatuh tempo membayar pajak.

“Hari pertama buka, memang penuh warga yang hendak membayar pajak kendaraan. Peningkatannya lebih dari 100 persen dibandingkan hari biasa. Akibat banyak yang membayar, otomatis antrinya juga lebih lama. Semuanya dapat dilayani,” ungkap Iptu Riki.

Sementara itu sebuah mobil Samsat keliling yang diparkir di halaman kantor tersebut juga banyak didatangi warga yang hendak membayar pajak kendaraan. Pengoperasian Samsat keliling dimaksudkan untuk mengurangi antrian di loket pembayaran yang ada di kantor Samsat.

“Mengurus pembayaran sebenarnya tidak butuh waktu lama, cukup cepat. Hanya saja, karena yang antri banyak, akhirnya butuh waktu lebih lama. Saya bayar pajak sepedamotor yang jatuh temponya pas lebaran,” ungkap Wina (42) warga Ciamis.

Dia mengatakan saat ini membayar pajak di kantor Samsat, karena untuk pajak lima tahunan. Selain administrasi, untuk kelengkapan persyaratan juga melampirkan hasil cek fisik.

“Kalau yang pajak tahunan, saya pilih bayar di mobil Samsat keliling karena cepat,” tuturnya. (Ayu/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.