Karang Kamulyan, Tawarkan Rest Area Sejuk di Ciamis

CIAMIS Bagi pelancong  yang menggunakan jalur Ciamis, ada beberapa alternatif peristirahatan/rest area yang menawarkan berbagai fasilitas dengan kawasan sejuk nan asri. Salah satunya objek wisata Cagar Budaya Karangkamulyan kabupaten Ciamis. Daerah ini terletak di antara kota Ciamis dan kota Banjar, jaraknya sekitar 17 km ke arah timur dari kota Ciamis atau dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat kota Ciamis. 
Kawasan Rest Area Karangkamulyan Ciamis menyuguhkan berbagai fasilitas bagi pelancong, diantaranya Mesjid, tempat parkir yang luas, Puluhan WC Umum serta puluhan kios pedagang yang menyajikan makanan khas daerah setempat yang dibuka selama 24 jam.
Kawasan Cagar Budaya Karangkamulyan luasnya kurang lebih 25 Ha. Konon menyimpan berbagai benda-benda yang diduga mengandung sejarah tentang Kerajaan Galuh. Pada saat Oma Sasmita menjadi bupati Ciamis antara tahun 1999 – 2004. Cagar budaya Karangkamulyan disulap menjadi kawasan yang menyuguhkan berbagai fasilitas bagi pengunjung maupun bagi masyarakat yang sekedar beristirahat. 
Rest Area Karangkamulyan terletak di daerah berhawa sejuk dan telah dilengkapi dengan areal parkir yang luas dengan pohon-pohon besar. Kawasan ini terbuka untuk pengunjung umum selama 24 Jam. Di samping beristirahat dari kejenuhan berkendaraan, para pemudik yang beristirahat di rest area ini dapat menikmati jajanan khas daerah setempat. Disana pemudik akan menemui puluhan warung makan dengan menu khas lokasi tersebut, yaitu pepes ayam, pepes ikan mas dan buah kelapa. (01- NDNews)