Kartu Calakan Inovasi Pemkab Ciamis untuk Bantu Siswa Miskin

0
38 views
Bupati Ciamis Iing Syam Arifin saat menyampaikan sambutanya pada pelaksanaan pembagian kartu Calakan di Aula SMKN 2 Ciamis Jumat (18/11/2016).* FOTO:Ferry Ramdhani

CIAMIS- Pemerintah daerah Kabupaten Ciamis terus berupaya melakukan inovasi dalam rangka mendukung para pelajar agar tetap bersekolah dan tidak drop out (DO) karena alasan biaya. Pemkab Ciamis telah memiliki Kartu Calakan yang fungsinya mengkaper pelajar miskin yang tak kebagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang merupakan program pemerintah pusat.

Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin pun mengakui jika Kartu Calakan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi miskin. Kata dia, Kartu Calakan itu merupakan program ketiga yang ada di Kabupaten Ciamis yang pertama kartu Waluya dalam bidang kesehatan, kartu walagri dalam bidang sosial dan ekonomi, dan kartu calakan dalam bidang pendidikan.

“Para pemegang kartu calakan sendiri bagi siswa yang kurang mampu, di Kabupaten Ciamis siswa yang telah mempunyai kartu calakan sebanyak 1.600 meliputi SD, SMP, SMA dan SMK SeKabupaten Ciamis,” katanya di sela – sela Acara pembagian Beasiswa dan kartu calakan di Aula Gedung SMKN 2 Ciamis, Jumat (18/11/2016).

Lanjut Iing, siswa yang mendapat kartu calakan ini direkomendasikan oleh pihak sekolah, dan kriterianya seperti masalah ekonomi siswa, dan siswa yang berpotensi di Drop Out (DO).

“Kartu calakan itu program Kabupaten Ciamis sendiri karna di daerah lain belum ada program seperti ini, Kartu Indonesia pintar (KIP) itu kan dari pusat, dan yang mendapatkannya pun belum semua,” ucapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kartu calakan ini bisa membantu pelajar untuk lebih giat lagi belajar dan terus berprestasi untuk bisa mengharumkan Kabupaten Ciamis.

“Saya juga berterimakasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis karena telah melaksanakan program Pemerintah Kabupaten Ciamis, dan semoga pelajar bisa lebih berprestasi lagi dengan adanya kartu calakan ini,” pungkasnya.(Ferry)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here