Kenali Berbagai Jenis Lembar Berkas Tilang dan Penggunaannya

Sosialisasi dalam giat Millenial Road Safety Festival di SMK Kesehatan Ciamis, Selasa (12/2/2019). Foto: Ayu/Ndn

Ciamis – Tindakan langsung terhadap pelanggaran lalu lintas atau tilang oleh polisi merupakan hal yang sering terdengar oleh masyarakat. Meskipun begitu sebagian pelanggar masih bingung untuk memahami tindakan langsung tersebut khususnya berkas tilang.

Terkait hal tersebut jajaran Satlantas Polres Ciamis memberikan sosialisasi dalam giat Millenial Road Safety Festival, salah satunya di SMK Kesehatan Ciamis, Selasa (12/2/2019).

Menurut Kanit Kamsel Polres Ciamis IPDA Dasino Gustiana jenis blanko lembar tilang yang berlaku ada lima warna, yaitu warna merah, biru, hijau, kuning dan putih.

“Tetapi hanya jenis blanko warna biru dan merah yang berlaku untuk masyarakat umum, sedangkan blanko tilang warna kuning untuk arsip kepolisian, warna putih untuk arsip kejaksaan dan warna kuning untuk arsip pengadilan,” katanya.

Dikatakan Dasino berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No Pol: SKEP/443/IV/1998, tanggal 17 April 1998 penggunaan blanko warna biru bisa dilakukan.

“Blanko warna biru untuk pelanggar apabila pelanggar ingin membayar denda tilang melalui bank yang telah ditunjuk, sedangkan warna merah untuk pelanggar apabila pelanggar ingin mengikuti sidang di Pengadilan Negeri,” terangnya.

Jika pelanggar meminta blanko tilang berwarna biru ungkap Dasino maka pelanggar tidak perlu lagi mengikuti sidang di Pengadilan tetapi bisa membayar langsung di Bank BRI.

“Namun slip tilang berwarna biru ini dikenai denda sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas & Angkutan Jalan,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Kepala SMK Kesehatan Giri Sogiri mengaku mengapresiasi sosialisasi tertib lalu lintas ke sekolahnya. Pihaknya merasa sangat terbantu dengan kegiatan tersebut karena dapat membuka wawasan baru bagi anak didiknya agar lebih tertib dalam berkendara. (Ayu/NolduaNews)