Kesadaran Warga Ciamis Miliki IMB Rumah Tinggal Masih Rendah

0
2 views

CIAMIS – Kesadaran masyarakat dalam membuat izin mendirikan bangunan (IMB) rumah tinggal masih rendah, terbukti dari potensi retribusi IMB rumah tinggal tercatat mencapai Rp. 10 Miliyar lebih. Namun, meskipun ditargetkan 10 persen tapi kenyataanya baru terealisasi Rp. 200 juta.

“Kendalanya dalam pencapaian target retribusi IMB rumah tinggal itu, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam memiliki IMB. Padahal IMB sendiri sangat dibutuhkan oleh masyarakat jika ingin mengurus pelayanan ke Bank atau pelayanan publik lainya,” kata Kabid Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis Agus Yani saat ditemui di ruanganya, Kamis (11/10).

Sebagai upaya untuk mencapai target, Agus mengatakan selalu mensosialisasikan tentang pentingnya memiliki IMB ke masyarakat di setiap Kecamatan maupun Desa di Kabupaten Ciamis. Selain sosialisasi, pihaknya juga telah bekerjasama dengan pihak perbankan serta PLN.

“Jadi saat ini masyarakat baru sadar harus miliki IMB ketika akan mengurus persyaratan ke perbankan maupun PLN baru cepat-cepat membuat IMB, mungkin kalau tidak ada urusan dengan Bank atau PLN sudah pasti mereka (masyarakat) tidak akan ingat untuk membuat IMB,” ungkapnya.

Padahal, lanjut Agus tata cara membuat IMB tidaklah sulit hanya melampirkan gambar bangunan dan luas bangunan serta bahan-bahan bangunan. Pembuatan IMB juga dapat dilakukan di setiap Kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Bagi warga yang sudah terlanjur mendirikan bangunan, bisa diproses melalui pemutihan. Proses pembuatan IMB juga bisa dilakukan di kantor Kecamatan setempat tetapi hanya dengan luas bangunan maksimal 200 meter persegi. Sedangkan bangunan dengan luas diatas 200 meter persegi harus datang ke kantor DPMPTSP Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Target di tahun ini Rp. 1,85 miliyar dan sudah tercapai sekitar 80 persen, dipastikan pada bulan Desember nanti mencapai 100 persen. “Tahun lalu juga tercapai, tahun ini di upayakan melebihi target,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here