Koramil 1301 Gembleng Siswa SMKN 2 Ciamis

by

Ciamis – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru dimulai hari ini, Senin (15//7/2019). Sejumlah sekolah melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi acara tersebut. Seperti yang dilakukan oleh SMKN 2 Ciamis yang menggandeng TNI dari Koramil 1301 Ciamis untuk menggembleng siswanya dengan pendidikan karakter.

Danramil 1301 Ciamis hadir langsung memberikan materi pendidikan karakter. Meskipun dibawah sinar matahari peserta MPLS terlihat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh jajaran TNI dari Koramil 1301 Ciamis.

“Karakter anak – anak saat ini masih labil dan perlu pembinaan yang lebih intensif oleh pihak sekolah melalui pembinaan karakter,” ucap Danramil 1301 Ciamis, Mayor Inf Wilde.

Menurut Wilde Koramil Ciamis melalui program Pertahanan Wilayah (Hanwil ) bekerja sama dengan pihak sekolah untuk membantu membina karakter para siswa agar generasi muda memiliki karakter yg tangguh dan tidak mudah menyerah.

“Salah satu point dari pendidikan karakter itu rasa nasionalisme. Perlu adanya pembinaan karena rasa nasionalisme yang ada saat ini hatus diberikan contoh secara nyata. Bentuk rasa nasionalisme dimulai dari disiplin waktu dan disiplin belajar serta hormat terhadap guru dan orang tua,” terangnya.

Dengan kondisi tersebut Wilde berharap pembinaan karakter ini terus berlangsung di setiap sekolah dengan cara yang mendidik dan tertata dengan baik.

“Kalau kami giat seperti ini sudah dari dulu dan sering dilaksanakan di sekolah – sekolah atau sudah rutin melalui babinsa yang tersebar di desa – desa,” paparnya.

Ditempat yang sama Kepala SMKN 2 Ciamis menuturkan pembinaan karakter dengan menggandeng pihak militer sudah sejak lama dilakukan.

“Bukan untuk membawa militerisme ke dalam sekolah, tapi kita bangun kedisiplinan siswa baru. Mereka harus siap nantinya terjun ke dunia usaha dan industri,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.