KPUD Ciamis Targetkan Partisipasi Pemilih Diatas 75 Persen

0
0 views

CIAMIS – Demi targetkan Partisipasi pemilih di atas 75 persen, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten mengadakan sosialisasi pemilih pemula dengan kelompok Mahasiswa dari Universitas Se Kabupaten Ciamis, Kamis (12/4/2018) Di Aula KPUD Kabupaten Ciamis.

Didi Heryadi Komisioner KPU Divisi Hukum mengatakan untuk menargetkan tingkat partisipasi di atas 75 persen, upaya yang dilakukan KPU Ciamis yakni menggelar sosialisasi dengan mengundang kelompok mahasiswa perwakilan dari Universitas yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Kami terus berupaya menyebar luaskan informasi terkait Pilkada dan Pilgub yang hanya tinggal beberapa bulan lagi,” ujarnya.

Didi mengatakan, kegiatan diskusi dengan para mahasiswa, salah satunya yaitu mendiskusikan tentang kampanye, DPT dan perubahan-perubahannya. Semua tentang hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan pemilu.

“Jadi mereka para mahasiswa kita kumpulkan disini. Diberikan pengarahan tentang pilkada. Dan anggarannya dari provinsi,” katanya.

Lanjut Dia, Para mahasiswa itu, diharapkan menjadi agen sosial di lingkungannya, dengan memberikan pencerahan paling tidak kepada teman-temannya yang ada di lingkungannya, kepada orang tua maupun ke daerahnya masing-masing.

“Mereka sudah diberikan pemahaman terkait pilkada. Dan nantinya apa yang sudah kita sampaikan, disampaikan lagi kepada yang lainnya,” ungkapnya.

Didi menjelaskan, target partisipasi pemilih sebanyak 75 persen itu, tentunya merupakan target yang harus dicapai. Baik itu di tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi.

“Jika pada pemilu 2013 lalu partisipasi pemilih hanya mencapai 63 persen, tahun ini harus ada peningkatan. Tatgetnya dinaikan menjadi 75 persen,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya mengangkat agen sosial untuk tingkat kecamatan sebanyak 2 orang guna door to door mendatangi rumah-rumah warga untuk mensosialisasikan pilkada.

“Sosialiasasi ini bukan hanya tugas KPU saja, namun juga pemerintah Daerah. Tentunya pemda pun telah melakukan sosialisasi ke desa-desa,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here