Kuatkan Netralitas TNI, Kodim 0613 Gelar Pembinaan Netralitas TNI Jelang Pilpres dan Pileg

0
30 views
Kegiatan pembinaan netralitas TNI di Aula Makodim, Selasa (12/3/2019). Foto: Ayu/Ndn

Ciamis – Untuk lebih menguatkan netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya di wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran Kodim 0613 Ciamis menggelar kegiatan pembinaan netralitas TNI di Aula Makodim, Rabu (12/3/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 0613/Ciamis Mayor Inf Nurohman, Danramil 1302/Cikoneng Kapten Inf Sutamat, Perwira Staf Kodim 0613/Ciamis, Danramil Jajaran Kodim 0613/Ciamis, Dansubdenpom Ciamis Kapten Cpm Yaya Sunarya, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0613/Ciamis.

Dalam amanatnya Dandim 0613 Ciamis Tri Arto Subagio yang dibacakan oleh Kasdim 0613 Ciamis Mayor Inf Nurohman mengatakan dalam sikap Pileg dan Pilpres Prajurit TNI harus bersikap netral dan tidak berpihak kepada salah satu pihak atau calon.

“TNI hanya Politik Negara yaitu jangan sampai NKRI pecah dan terpecah belah, serta bagaimana mewujudkan NKRI tetap utuh, tingkatkan disiplin Prajurit dan Profesionalisme,” ujarnya.

Tri juga mengingatkan anggotanya untuk selalu hati hati dalam bertindak.

“Semoga kita dapat mengemban tugas yg terbaik bagi Bangsa dan Negara, jangan latah menggunakan Medsos, dan
Ikuti dengan baik Pembinaan Netralitas ini,” tegasnya.

Sementara itu Danramil 1302/Cikoneng Kapten Inf Sutamat selaku pemateri menyampaikan tentang Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres mendatang.

“Tugas kita semua yaitu menjalankan perintah. Netralitas TNI perintah Panglima TNI adalah harga mati, haris hati – hati kalau berbicara dengan masyarakat terutama tentang Pemilu. Kita cari aman saja, gak usah mencari hal – hal yang dapat merugikan kita,”terangnya.

Dikatakan Sutamat Tentara Profesional adalah yang tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI yaitu bersikap netral dalam kehidupan politik, tujuannya agar prajurit TNI dapat bersikap netral dalam penyelenggaraan DPR RI, DPRD Prop, DPRD Kab/Kota dan Presiden/Wapres.

“Sasaran terwujudnya netralitas TNI setiap pelaksanaan Pemilu baik Pileg dan Pilpres di seluruh wilayah NKRI yaitu terpeliharanya Citra politik TNI,” paparnya.

Implementasi netralitas TNI lanjut Sutamat yaitu mengamankan penyelenggaraan Pemilu Pileg dan Pilpres sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

“Prajurit TNI tidak memiliki hak memilih baik dalam Pileg dan Pilpres, khusus bagi prajurit TNI, hak memilih istri,suami atau anak dalam Pileg dan Pilpres merupakan hak individu,” imbuh Sutamat.

Terakhir Sutamat menegaskan hal yang harus dipedomani bagi Prajurit TNI antara lain tidak diperkenankan menjadi anggota KPU, anggota Panwaslu, panitia PPK, PPS dan KPPS, menjadi panitia pendaftaran pemilih, dan campur tangan dalam menentukan dan menetapkan peserta pemilu. (Ayu/NolduaNews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here