Kuota PPDB SMK Negeri 2 Ciamis  504 Siswa

by -88 views

Ciamis – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri 2 Ciamis walaupun telah mensosialisasikan ke beberapa Sekolah Menengah Pertama maupun MTs namun peserta terlihat membludak di waktu pendaftaran.

“Benar tahun ini peserta yang mendaftar lebih banyak dari tahun lalu, terbukti di hari pertama saja sudah 120 peserta yang mendaftar namun yang sudah masuk input hanya 30 peserta karena kebanyakan persyaratan tidak komplit,” ujar ketua pelaksana PPDB, Teguh Patrianda.

Menurutnya beberapa peserta kebanyakan tidak mengetahui persyaratan yang harus dibawa, sehingga nama peserta tidak bisa diinput. Peserta ini harus kembali membawa kekurangan persyaratan.

“Kami berharap kepada para peserta sebelumnya harus dikomplitkan dulu, sehingga pada saat mendaftar tidak ada kekurangan lagi dan sudah lengkap, nantinya bisa langsung diinput,” tegasnya.

Dikatakan Teguh total Kuota yang tersedia di SMKN 2 Ciamis sebanyak 504 siswa untuk 6 jurusan yang tersedia, diantaranya, Jurusan Teknik Kendaraan Umum, Jurusan Teknik Permesinan, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Gambar, Teknik Kontruksi, dan Teknik Perkayuan/Furniture.

Lebih jauh Teguh menuturkan sekolah hanya sebagai fasilitator yang bertugas menginput data dari setiap peserta yang mendaftar. Sementara untuk keputusan diterima atau tidaknya, semua keputusan ada di tingkat provinsi.

“Semua data peserta yang diinput masuk ke komputer itu langsung terkirim ke Provinsi dan seluruhnya keputusan diterima enggaknya itu ada di tingkat Provinsi dan dijamin tidak ada manipulasi data semuanya riil sesuai data yang diberikan peserta,” tuturnya.

Senada dengan Teguh, Kepala SMK Negeri 2 Ciamis Asep Agus mengatakan pihaknya membatasi pendaftar 120 orang setiap hari. SMK ini memiliki kuota 4 ruang jurusan otomotif, 4 untuk teknik mesin, 2 teknik komputer jaringan, 2 desain permodelan dan informasi bangunan, 2 desain interior dan teknik furniture dan 2 bisnis kontruksi dan properti. Dengan jumlah siswa 36 orang per jurusan maksimal.

“Jurusan yang paling diminati sebetulnya semua jurusan sama baiknya, jadi kita upayakan semua jurusan ada peminatnya. Bisa melanjutkan bekerja atau berwirausaha,” pungkasnya. (Ayu/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.