Lawan Hoax, Polres Ciamis Adakan FGD Bersama Masyarakat

0
48 views
Sekretaris KBPP Ciamis (kanan) berfoto bersama Dr. Yat Rospia Brata dan BIMAS Polres Ciamis, Selasa (26/2/219). Foto: Ferry/Ndn

CIAMIS – Dalam upaya menangkal beredarnya informasi tidak benar (Hoax) serta meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Masyarakat jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada bulan April 2019 mendatang, Polres Ciamis menggelar kegiatan diskusi bersama ormas, OKP serta beberapa elemen masyarakat Ciamis, Selasa (27/2/2019) di Aula Hotel Tyara Ciamis.

Kegiatan yang bertajuk Forum Group Diskusi (FGD) tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, dan didampingi Kasat Binmas Polres Ciamis, AKP Firman Alamsyah.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melawan Hoax Merawat Kebhinekaan dan Menjaga Keutuhan NKRI”.

Kasat Binmas Polres Ciamis, AKP Firman Alamsyah mengatakan, berita bohong (Hoax) terjadi bukan hanya menjelang pemilu saja, tetapi di hari-hari biasa Hoax bisa saja terjadi.

Pengurus KBPP Kab.Ciamis berfoto bersama dengan pihak kepolisian setelah kegiatan FGD, Selasa (26/2/2019). Foto: Ferry/Ndn

“Sebenarnya mencegah Hoax itu gampang, saat ini memang sedang pemilu jadi banyak berita Hoax. Tapi sebenarnya, Hoax bisa terjadi kapan saja. Cara untuk mencegah Hoax, mulai dari kesadaran kita sendiri, kalau kita mendapatkan berita apapun itu, kita cermati dulu kebenarannya aktual atau tidak, kalau tidak jangan kita sebar lagi,” katanya.

Firman menyarankan, kepada masyarakat agar cerdas menanggapi berita Hoax. Jangan asal nyebar berita tanpa mengetahui dulu isi berita itu apa.

“Kita juga harus cerdas, jangan hanya bisa nyebar berita saja. Tapi kita harus baca isi berita tersebut, sumbernya dari mana, kalau tidak jelas asal usulnya jangan di sebar,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris KBPPP Kabupaten Ciamis, H. Dedi Kusmana sangat mendukung kegiatan Forum Group Diskusi tersebut. Pasalnya kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat untuk mengantisipasi pemberitaan Hoax di media sosial, terlebih saat ini sedang pemilihan umum.

“Saya pribadi sangat mendukung kegiatan tersebut, melalui kegiatan itu saya jadi mengetahui cara mudah membedakan berita hoax dan berita benar. Mudah-mudahan masyarakat Ciamis bisa lebih cerdas lagi menanggapi pemberitaan hoax di media sosial,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here