Lestarikan Budaya Nusantara, Pemkab Ciamis Kembali Gelar  Galuh Etnic Carnival (GEC) 

by -53 views

CIAMIS – Sebanyak 15 kesenian dari daerah Kabupaten Ciamis dan luar daerah Ciamis, meriahkan kegiatan Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival tahun 2019, Selasa (25/6/2019) di Alun-Alun Ciamis.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 377, tidak hanya menampilkan tradisi dan kesenian saja, namun dalam Kegiatan GEC tahun 2019 ini juga menampilkan pameran budaya yang ada di Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM mengatakan, tatar galuh Ciamis adalah daerah yang memiliki keanekaragaman warisan budaya, baik warisan budaya benda maupun warisan budaya tak benda (WBTB) yang mempunyai sejarah dan nilai budaya, cagar budaya dan permuseuman serta kesenian yang sangat beragam baik tradisional maupun kontemporer.

“Hal ini merupakan kebanggan kita yang patut dilestarikan, dikembangkan dan dimanfaatkan dalam segala aspek pembangunan. Baik fisik maupun SDM sesuai objek pemajuan kebudayaan dan amanat UU Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, suatu bentuk upaya yaitu dengan digelarnya pameran budaya dan Galuh Ethinc Carnival tahun 2019,” katanya.

Dengan adanyan Galuh Ethnic Carnival ini, lanjut Herdiat, semoga dapat menumbuhkan rasa memiliki, rasa bangga serta meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya daerah sebagai bagian tidak terpisahkan dari kebudayaan nusantara.

“Sebagai warga tatar Galuh Ciamis, kami bangga atas beberapa pencapaian karya budaya yang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Nasional yaitu upacara adat tradisional Nyangku, Bebegig Sukamantri, dan Gondang Buhun Tambaksari,” pungkasnya.

Kesenian tradisi yang memeriahkan Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival tahun 2019 diantaranya, Bebegig Baladewa Sukamantri, Mabokuy Rajadesa, Pontrangan Cimaragas dan lain sebagainya. (Ferry/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.