Makam Raden Indra Taruna Salah satu Bukti peninggalan Sukapura Tasikmalaya

by -97 views

Kabupaten Tasikmalaya. – Salah satu bukti peninggalan sejarah Sukapura di Leuwileungsir Kampung Patahunan Desa Sukakerta Kecamatan Jatiwaras yakni Makam bendahara Kabupatian Sukapura tempo dulu kini mulai di benahi.

Kendati keterbatasan anggaran, namun tidak menyurutkan tekad para keturunannya, secara swadaya terus menatanya setahap demi setahap. Bahkan kini salah satu ormas Gasibu Macan Putih ikut peduli dalam penyelamatan aset sejarah tersebut, dan merencanakan pembentukan kepanitiaan khusus dalam waktu dekat ini.

Ketua Gasibu Macan Putih, Rolies Siregar mengatakan, dalam waktu dekat ini rencananya akan membentuk kepanitiaan pemeliharaan Makam Raden Indra Taruna, putra Bupati Sukapura ke -3, Raden Anggadipa ( Dalem Sawidak ).

“Rencana penataan dan pemeliharaan di lokasi makam Raden Indrataruna sudah di komunikasikan dengan Apdesi Jatiwaras. Alhamdulilah kepala Desa di Jatiwaras siap mendukung!” ungkap Rolies di Sekretariatnya, belum lama ini.

Senada dikatakan salah satu keturunannya, Ayi Juansah, Dirinya sangat mengapresiasi kepedulian dari Ormas Gasibu Macan Putih.

” Baru beberapa Kepala desa yang siap mendukung rencana penyelamatan aset sejarah ini.Penataan di lokasi makam sudah dimulai sejak lama, setahap demi setahap dengan uang hasil dari sumbangan kencleng,” paparnya.

Ayi melihat pemeliharaan dan penataan di seputar lokasi makam tersebut diperkirakan membutuhkan anggaran yang besar.

“Lokasi makam banyak gawir dan itu memerlukan anggaran besar untuk pembuatan benteng. Mudah-mudahan kedepannya bisa terealisasi,” pungkas gan Ayi panggilan akrab dihubungi via hp.
**** ( Rusdianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.