Masa Berlaku E-KTP Habis Tidak Perlu Lagi Diperpanjang, Inilah Penjelasannya

0
77 views
Suasana pelayanan kantor Disdukcapil Ciamis, Rabu 23/1/2019). Ferry

CIAMIS – Bagi masyarakat Kabupaten Ciamis yang mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang masa berlakunya habis pada tahun 2017 maupun tahun 2018, itu tidak usah lagi diperpanjang atau di perbaharui. Pasalnya, e-KTP saat ini sudah berlaku seumur hidup.

Kecuali, ada perubahan data status perkawinan dan kependudukan. Maka harus di update dengan data yang baru.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Ciamis, H. Rusli saat ditemui Nolduanews, Rabu (23/1/2019) menjelaskan, sesuai adanya surat edaran dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo nomor 470/296/SJ, tanggal 29 Januari 2016, tentang e-KTP berlaku seumur hidup.

Surat edaran Kementrian Dalam Negeri terkait KTP Elektronik.

Melanjutkan Surat Edaran Nomor 470/327/SJ tertanggal 17 Januari 2014 perihal perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, serta memperhatikan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, dengan hormat diminta kembali saudara hal-hal sebagai berikut :

1. Pasal 64 ayat (7) huruf a Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa KTP-el untuk warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

2. Selanjutnya dalam pasal 101 huruf c Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan seumur hidup. Dengan demikian, KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

3. Berkenaan dengan hal tersebut, kami minta kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota untuk menugaskan Unit Kerja yang menyelenggarakan pelayanan publik agar mematuhi ketentuan dimaksud dan menugaskan unit kerja yang menyelenggarakan Administrasi Kependudukan agar menyebarluaskan ketentuan dimaksud melalui media cetak, media elektronik maupun media sosialisasi lainnya, sehingga dapat diketahui oleh para petugas penyelenggara administrasi kependudukan, para penyelenggara layanan publik maupun masyarakat.

“Jadi bagi warga yang e-KTP masa berlakunya habis, tidak perlu lagi diperpanjang, karena itu sudah otomatis berlaku seumur hidup, kecuali e-KTP nya rusak, adanya perubahan data perkawinan, dan perpindahan kependudukan,” jelasnya.

Menurut Rusli, untuk proses perekaman e-KTP hanya dilakukan sekali seumur hidup. Hal itu sesuai dengan surat edaran dari menteri dalam negeri.

“Jadi bagi yang sudah direkam, tidak perlu direkam lagi, karena data kependudukannya sudah terdaftar,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here