Melawan Saat Dibekuk Polisi, 6 Pembobol ATM Di Ciamis Didor

by -46 views

Ciamis – Akibat melawan saat dibekuk polisi, 6 pelaku pembobol ATM asal Lampung terpaksa ditembak di bagian kakinya. Diketahui mereka adalah ALD (34), SAM (37), RUD (38), APR (38), HAT (32), dan ATO (33). Keenam pelaku ini ditangkap jajaran Satreskrim Polres Ciamis di sebuah rumah makan di Baregbeg, Rabu (17/7/2109.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso menuturkan komplotan ini beraksi selama 3 bulan dengan membobol 7 mesin ATM sebanyak 21 kali di beberapa tempat di Ciamis. Terungkapnya kasus tersebut setelah salah satu Bank melaporkan mengalami kerugian sebesar Rp 38,5 juta akibat dibobol.

“Komplotan ini beraksi di 7 ATM. Beraksi disepanjang jalan yang dilalui di Ciamis. Pelaku yang diamankan 6 orang, tugas mereka dibagi-bagi, 2 orang melakukan eksekusi di dalam, sedangkan yang lainnya berjaga di luar,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso di Mapolres Ciamis, Kamis (18/7/2019).

Diungkapkan Bismo pihaknya mengamankan barang bukti berupa 2 ATM Bank yang digunakan untuk memancing membuka ATM, obeng digunakan untuk mengganjal ATM, kawat pengait ukuran besar, uang tunai sebesar Rp 4,2 juta dan mobil yang digunakan para pelaku.

“Dalam setiap aksinya mereka mengambil uang dari ATM mulai dari 1,5 juta sampai 4 juta. Bahkan dalam satu minggu mencapai Rp 30 juta dari beberapa ATM,” jelasnya.

Lebih jauh Bismo menuturkan komplotan ini beraksi pada siang dan malam hari saat situasi sekitar ATM sedang sepi. Setelah berhasil menggasak uang kemudian digunakan untuk berfoya – foya.

“Mereka mendatangi ATM yang sama sebanyak 2 sampai 3 kali dalam waktu berbeda. Beraksi pada siang dan malam hari saat kondisi sekitar ATM sedang sepi,” ungkap Bismo.

Atas oerbuatannya pelaku dijerat pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Ayu/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.