Mengenal Lebih Dekat Sosok Achyar Al-Rasyid, Calon Ketua Umum PB HMI 2018 – 2020

0
0 views

Achyar Al-Rasyid pemuda kelahiran Bandung 28 Juli 1991 dikenal sebagai organisatoris muda dan energik dari Jawa Barat. Putra satu-satunya dari pasangan Bapak Drs. H. Asep Hermawan MH dan ibu Hj. Penti Supiantini ini memang dikenal sebagai sosok organisatoris yang visioner.

Jiwa kepemimpinan yang Achyar miliki bukanlah hal yang instan, tetapi semenjak di tingkat SMP sudah menjadi Ketua OSIS di SMP Salman Alfarisi Fullday School Bandung. Pengalaman menjadi ketua OSIS selama di SMP membawa Achyar dipercaya menjadi ketua OSIS di SMA Insan Cendekia Al-Kautsar.

Semangat berorganisasi yang dimiliki olehnya tak lepas dari peran kedua orang tua, bahkan ayahnya, Asep Hermawan sempat memberikan hadiah khusus dan istimewa ketika Achyar terpilih menjadi ketua OSIS, yang mana hadiah itu tidak diberikan ketika Achyar memperoleh rangking satu dikelasnya.

Dukungan dan restu yang diberikan oleh kedua orang tua didasarkan pada pandangan bahwa untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan memiliki visi bisa didapatkan dengan cara aktif di organisasi.

Ketika kuliah S1 di Telkom University Achyar terpilih menjadi Presiden Mahasiswa KBM Telkom University priode 2012-2013 yang dimasa kepemimpinannya Achyar bersama kawan-kawan BEM dari berbagai kampus memimpin demo di gedung DPR-RI yang menjadikan Achyar sempat ditahan oleh pihak kepolisian karena menurunkan photo SBY di gedung MPR-DPR sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah.

Pada Tahun 2014 Achyar terpilih untuk menahkodai Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandung priode 2014-2015. Pada saat memimpin HMI Cabang Bandung kepengurusan HMI Cabang Bandung fokus pada proses kaderisasi formal, Informal dan Nonformal di HMI sebagai wujud nyata implementasi fungsi HMI sebagai organisasi kader.

HMI Cabang Bandung dibawah kepemimpinan Achyar selama satu tahun melaksanakan delapan kali training tingkat nasional. Diantaranya 1). Dua kali melaksanakan Intermediate Training (LK-2). 2). Dua kali melaksanakan Senior Course (SC), 3). Dua kali sekolah Caknur (SCN), 4). HMI Entrpreneurship Training satu kali dan training aksi dan advokasi satu kali.

Komitmen Achyar untuk fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas perkaderan di HMI dijalankan dengan konsisten dan berlanjut ketika Achyar di percaya untuk menjadi ketua umum Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Barat.

Dimasa kepemimpinan Achyar BADKO HMI Jawa Barat sebagai BADKO yang terakhir dilantik menjadi BADKO pertama yang melaksanakan Advance Training terhitung satu bulan sesudah pelantikan. Dalam waktu genap enam bulan telah melaksanakan dua kali Advance Training dan Training For Trainer KOHATI BADKO HMI Jawa Barat.

Meskipun demikian, kesibukan organisasi tidak menjadikan Achyar lupa pada kewajiban kuliahnya, saat ini Achyar sedang menyelsaikan studi Magisternya di Jurusan Study Pembangunan Institute Teknologi Bandung.

Atas dasar prestasinya itu, kini Achyar maju sebagai kandidat Ketua Umum PB HMI Periode 2018-2020.

“Saya siap mengawal gagasan dan visi besar yang menjadi komitmen bersama untuk perbaikan HMI kedepan.” ujar Achyar

Saat ini Achyar menjadi satu-satunya kandidat yang berasal dari BADKO dan telah memperoleh dukungan dari mayoritas cabang-cabang di Jawa Barat dan cabang-cabang di berbagai wilayah indonesia.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan kawan-kawan cabang yang sudah merekomendasikan saya untuk maju menjadi calon ketua umum PB HMI, mari kita kawal gagasan kita bersama sama untuk perbaikan HMI kedepan” pungkasnya. (Andrian/Nolduanews)