MTHQ Ciamis Ke 47 di Kawali Resmi Dimulai

by -34 views

Ciamis –  Musabaqoh Tilawatil Quran dan Hadist (MTHQ) ke 43 tingkat Kabupaten Ciamis malam ini, Selasa (09/07) di  Kecamatan Kawali resmi dimulai. Para Qori dari 27 kecamatan akan berkompetisi memperebutkan juara, yang nantinya akan menjadi duta Ciamis ke ajang MTHQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

MTHQ ke 43 diawali oleh pawai Ta’aruf yang diikuti utusan dari 27 kecamatan. Ribuan warga turun ke jalan untuk memperlihatkan kreatifitasnya dalam pawai taaruf yang berlokasi di halaman kantor Kecamatan Kawali, Selasa pagi (9/7/2019).

Para peserta pawai disambut oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, serta jajaran Forkopimda Ciamis di bangku kehormatan. Kemudian pawai dilanjutkan ke Taman Surawisesa Kawali.

Dalam pawai taaruf ini setiap kontingen dari 27 Kecamatan membawa rombongan yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan orang yang terdiri dari pegawai kecamatan, desa, ibu – ibu pengajian, santri, remaja bahkan anak sekolah.

Masing-masing perwakilan kecamatan menampilkan berbagai kreatifitas dan kesenian dihadapan Bupati dan para pejabat Ciamis. Seperti Kecamatan Rajadesa yang menampilkan kesenian helaran Mabokuy.

Menurut Ketua I Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Ciamis Agus Abdul Kholik pawai taaruf dalam gelaran MTQH tahun ini sangat luar biasa. Diluar dugaan peserta yang hadir sangat banyak, bahkan beberapa kecamatan membawa rombongan mencapai 1.000 orang lebih.

“Ini sangat memuaskan.
Seluruh masyarakat Ciamis terutama warga Kawali tumpah ruah ke jalan, karena memang MTQH di Kawali ini sangat ditunggu-tunggu, setelah tahun lalu gelarannya dipindah ke kota,” kata Agus.

Dikatakan Agus Kabupaten Ciamis memiliki potensi menjadi qori dan qoriah terbaik di Indonesia. Sehingga dengan MTQH ini dapat melahirkan qori dan qoriah baru yang mampu berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional. Bahkan sempat qori asal Ciamis yakni Zainal Abidin menjuarai MTQ Internasional di Turki tahun 2016 lalu.

“Dengan MTQH ini bisa mengukur sejauh mana kemampuan qori dan qoriah di Ciamis dalam belajar tilawah, kaligrafi, tafsir dan hadist. Terlebih hampir semua kecamatan memiliki pesantren. Semoga saja kedepan ada qori dari Ciamis yang mengikuti jejak Zainal Abidin dengan menjadi juara di tingkat internasional,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.