NUSA WIRU PANGANDARAN SIAP LAYANI PESAWAT BOEING

by

PANGANDARAN – Untuk keperluan pelayanan angkutan penerbangan di Kabupaten Pangandaran, bandara Nusawiru yang terletak di Kecamatan Cijulang mendapata perluasan lahan  4 hektar untuk pengembangan bagian timur dan barat area hingga keseluruhan luas bandara menjadi 60 hektar.
            Menurut Kepala Kordinator Bandara Nusawiru, Hendra Gunawan, perluasan tersebut dikarenakan nantinya Nusawiru akan menambah armada angkuta udara jenis pesawat boeing yang berkafasitas 100 penumpang. “Selain untuk angkutan penumpang rute pangandaran-jakarta, nusawiru pun akan dijadikan tempat penyelenggaraan PON 2016 cabang olah raga terjun payung. “Terang Hendra.(23/11).
            Perluasan kawasan Nusawiru tersebut menurut Hendra, untuk menambah landasan pacu (run way) yang tadinya 1400 meter menjadi 2000 meter, perluasan lahan parkir, hanggar dan 80 X 80 meter untuk venue olah raga terjun payung. “Untuk persiapan venue sendiri sekarang sudah 100 persen dan siap digunakan pada waktunya tanggal 25 nopember hingga 8 desember nanti. “Kata Hendra lagi.
            Dalam obrolan santai di sebuah kantin bandara, Hendra menuturkan, selain digunakan sebagai penerbangan penumpang reguler, Nusawiru pun dijadikan tempat latihan oleh beberapa sekolah penerbangan. Tercatat ada tiga sekolah penerbangan, seperti Bandung Pilot Academi, Perkasa Plying School  dan Genesa plying school dua-duanya berasal dari Cilacap. “Jika  diterima, sebenarnya masih banyak sekolah penerbangan yang ingin datang kesini. “Ungkapnya lagi.
            Dikatakan Hendra lagi, Tercatat ada 80-100 take of dan landing pesawat dalam satu hari kesibukan penerbangan di bandara Nusawiru ini. “Dan untuk angkutan penumpang biasa, sekarang harus booking dulu minimal sehari sebelum waktu pemberangkatan. “Terang Hendra.
            Disoal perusahaan apa saja yang sudah datang untuk menjajagi penerbangan bandara Nusawiru dengan jenis pesawat boeing, Hendra mengatakan, sementara baru Wing Air yang tertarik untuk membuka rute penerbangan dari pangandaran.
            Ditambahkan Hendra, dalam pelaksanaan pelapisan ulang landasan pacu (overlay), nantinya akan ada penutupan sementara (notam). (hiek/NDNEWSCOM)