Oleh-oleh Khas Pangandaran Bukan Hanya Ikan Laut

0
6 views
oleh oleh khas pangandaran

PANGANDARAN: Anda sedang berlibur di Pangandaran? jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khasnya. Taki lengkap kalau ke Pangandara tak mencicipi kulinernya yang maknyos. Nah ini Dia makanan atau oleh-oleh khas Pangandaran yang wajib dicicipi.

1. Kupat Tahu
Untuk mencari penganan sarapan pagi sebaiknya cari saja kupat tahu Pangandaran. Kupat tahu khas Pangandaran beda banget dengan kupat tahu kebanyakan. Memang tak sama dengan kupat tahu Mangunreja Singaparna Kabupaten Tasikmalaya yang maknyos itu.

“Kupat tahu khas Pangandaran kacangnya kental banget. Kecapnya dominan banget. Kuahnya agak banyak dan rasanya maknyos pisan,” kata Ririn Andriani pengunjung asal Bandung yang memang langganan kupat tahu yang dijual di sepanjang pantai Timur Pangandaran.

Kupat tahu yang selalu laris manis adalah milik Pak Salam. Lokasinya tak terlalu sulit ada tulisan soto dan kupat tahu Pak Salam yang beralamat di Jalan Kidang Pananjung Pangandaran. Biasanya buka setiap sore hingga tengah malam, warung yang berdiri sejak tahun 80-an ini memiliki suasana yang khas dan akrab. Sebenarnya soto dan kupat tahu ini adalah makanan khas Jawa. tapi Pak Salam sebagai pemilik warung ini memiliki resep khusus yang membuat rasanya berbeda dengan yang lain.

Rahasianya terletak di bumbu kecapnya, Pak salam khusus membuat sendiri kecap untuk melezatkan soto dan kupat tahunya.

2. Bakso Pangandaran

Makanan khas Pangandaran lainnya adalah bakso, memang bakso ada di mana-mana. Tapi bakso Pangandaran beda rasanya.Bakos bisa jadi pilihan jika Anda bosan dengan menu lauk pantai seperti ikan Asin, Udang, dan ikan laut lainnya sudah biasa ditemui dan tidak istimewa lagi karena di semua tempat wisata pantai pasti akan menemukan lauk seperti itu.

Salah satu bakso yag direkomendasikan adalah bakso cetar. Tercatat sudah sekian ribu pengunjung yang datang dan singgah dulu untuk menyantap bakso tersebut. Seakan tidak bosan, pengunjung dari daerah luar Pangandaran pun sengaja datang dan datang lagi untuk makan di sana dan memesan banyak bagi orang rumah.

Bakso cetar sangat mengutamakan sekali kualitas rasa. Bakso yang terbuat dari daging sapi asli dan Mie yang kenyal sangat berbeda dengan bakso yang di jual di manapun. Plusnya, pelayanan yang ramah dari pemilik akan membuat Anda tinggal berlama-lama di sana.
Saya jamin, tiidak akan menyesal dengan menggoyangkan lidah Anda dalam menghabiskan bakso Cetar.

Ada juga Bakso Podomoro ini terbuat dari daging sapi asli yang menawarkan rasa supernikmat dan kuahnya yang khas. Rasa khas inilah yang membuat bakso Podomoro semakin terkenal. Untuk itu, ketika Anda berlibur di Pangandaran, jangan lupa mampir makan bakso. Tempat makan bakso yang menjadi rekomendasi saat ke Pangandaran adalah bakso Podomoro di Jalan Kidang Pananjung.

3. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan asin jambal roti merupakan oleh-oleh favorit wisatawan yang datang ke Pangandaran. Proses pembuatannya, yaitu ikan jambal direndam dalam air garam beberapa saat, setelah itu dijemur sampai kering, lalu ditaburi garam. Proses pengeringan ini membuat ikan jambal bisa bertahan lama. Ikan ini dinamakan jambal roti karena daging ikan jambal mudah hancur saat digoreng seperti roti.

4. Seafood

Jika Anda pengunjungi Pangandaran, hampir di sepanjang jalan ada banyak restoran seafood. Hasil olahan laut yang segar dimasak dengan berbagai cara, digoreng, digulai ataupun dibakar. Sambil menikmati aneka makanan seafood, Anda dapat melihat pemandangan indah Pantai Pangandaran. (ref)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here