Panwaslu Ciamis Ajak Seluruh Pemangku Agama Awasi Pilkada

0
1 views

CIAMIS – Panwaslu Kabupaten Ciamis mengajak seluruh Pemangku Agama di Kabupaten Ciamis untuk mengawasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta larangan untuk Kampanye di tempat Ibadah, Kamis (22/2/2018) di Aula Hotel Tyara Plaza.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Harminus Kotto, serta Ratusan Peserta dari berbagai Pemangku Agama se Kabupaten Ciamis.

Ketua Panwaslu Ciamis Uce Kurniawan mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk mengajak seluruh pemangku agama di Kabupaten Ciamis dalam pengawasan pemilihan umum, karena pengawasan itu bukan hanya milik panwaslu maupun kpu saja tetapi milik bersama baik itu lembaga maupun perorangan.

“Nanti juga akan diberi pemahaman terkait larangan tempat untuk kampanye paslon, tempat apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk berkampanye politik,” ujarnya.

Sementara itu Pemateri kegiatan sosialisasi sekaligus Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat Harminus Kotto menjelaskan setiap tahunnya aturan pemilihan umum Kepala daerah (Pilkada) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) itu berbeda-beda aturanya dan selalu berubah dalam setiap tahunya, Seperti halnya larangan kampanye di tempat ibadah.

“Karena pemilu juga mempunyai undang-undang KPUD tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan dalam pemilu, misalnya juga dalam berkampanye, dan paslon itu harus tahu itu karena itu sangat penting, ” ungkapnya.

Harminus mengatakan, selain larangan untuk tempat kampanye di tempat ibadah. Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati atau Gubernur dan wakil Gubernur juga tidak boleh memberikan uang atau beras serta barang lainya kepada pemilih atau masyarakat karena itu merupakan suatu kesalahan bagi paslon tersebut, dan bisa di sanksi suatu pemecatan.

“Penerima uang atau beras serta barang lainya juga bisa ditindak, malah bisa tindak pidana karena pelanggaran tersebut. Jadi untuk itu berhati-hatilah untuk memilih jangan menerima apapun dari paslon, tetapi kita memilih sesuai keinginan kita dan harapan kita nanti,” katanya.

Harminus berharap, dengan adanya kegiatan ini mari kita bekerjasama, bahu-membahu untuk mensukseskan pilkada serentak ini dengan aman dan kondusif.

“Karena kita selaku pemilih serta masyarakat harus bisa mengawasi pilkada serentak bersama-sama agar terciptanya pesta demokrasi yang aman, lancar, kondusif serta tidak ada perselisihan,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here