Connect with us

iklan nolduanews

Pasang Iklan Murah di NolDuaNEWS.com

Published

on

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita

KEREN, CIAMIS MILIKI KAMPUNG ANGKLUNG

Published

on

Proses pembatikan angklung Nempel Ciamis

CIAMIS- Kabupaten Ciamis kini memiliki sebuah destinasi wisata edukasi plus ekonomi kreatif, yaitu Kampung Angklung di Dusun Nempel Desa Panyingkiran Kecamatan/Kabupaten Ciamis. Keberadaan kampung angklung di Ciamis menyebar dan meluas ke pelosok nusantara. Sehingga, banyak masyarakat atau pengunjung yang datang ke kampung angklung untuk melihat proses pembuatan angklung.

Penggagas kampung angklung asal Dusun Nempel Desa Panyingkiran Mumu Alimudin mengatakan, Dusun Nempel disebut kampung angklung karena mayoritas masyarakat memproduksi angklung. “Ada sekitar 100 pengrajin angklung yang terbagi ke beberapa kelompok,” ungkapnya Selasa (16/8/2016).

Selama ini tambah Mumu, sudah banyak pihak baik lembaga sekolah, universitas bahkan birokrasi dari daerah luar yang ingin berkunjung ke Dusun Nempel karena dikenal sebagai sentra angklung di Ciamis. Hanya saja pihaknya bingung, karena ketidaktersediaan sarana seperti sanggar ataupun lainnya.

“Makanya nanti kalau ditetapkan jadi kampung angklung, bisa dibangun sanggar seni angklung sebagai sarana edukasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui angklung,” tandasnya.

Angklung Nempel Ciamis

Bahkan nanti tanggal 25 Agustus 2016, kampung angklung Nempel akan mendapat kunjungan dari Kabupaten Gunungkidul Propinsi DI Yogjakarta. “Ini bukti kampung angklung Ciamis sudah dikenal masyarakat luas bahkan ke luar Ciamis,” ujarnya.

Makanya pihaknya meminta pemerintah untuk meresmikan dan menetapkan Dusun Nempel sebagai kampung angklung. “Agar sebutan kampung angklung ini resmi diakui pemerintah,” tegasnya.

Mumu menjelaskan, angklung produksi Dusun Nempel sudah menyebar ke pelosok nusantara bahkan luar negeri. Angklung Ciamis kata Mumu dipasok ke daerah luar seperti Borobudur, Jogjakarta, Bali, Palembang, Bandung, hingga Malaysia.

Bahkan, angklung yang dijajakan di Rajapolah Tasikmalaya itu murni disuplai dari Ciamis termasuk juga Saung Angklung Udjo Bandung meminta angklung produksi pengrajin di Dusun Nempel Panyingkiran.

“Angklung dari Nempel Ciamis juga bervariasi, ada yang polos ada juga yang dicorak batik, untuk mempercantik dan menarik minat masyarakat,” tandasnya.(Cok/NDNews)***

Continue Reading

iklan nolduanews

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN CIAMIS KE 373 TAHUN 2015

Published

on

Continue Reading

Trending

%d bloggers like this: