Pasangan Lansia Lumpuh Akhirnya Dapat Perhatian Pemkab Ciamis

by -36 views

Ciamis – Setelah sempat luput dari perhatian pemerintah akhirnya pasangan lansia lumpuh, Endi (70) dan Sursih (60) mendapat bantuan dari pemerintah Kabupaten Ciamis. Perhatian tersebut dengan diberikannya kartu Waluya atau kartu jaminan kesehatan.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Dr Engkan Iskandar dan Kepala Dinas Sosial Yeyet Trisnawati menyerahkan langsung kartu Waluya serta bantuan lainnya kepada pasangan lansia iserahkan Pemkab Ciamis juga telah mengurus administrasi kependudukannya yang sempat hilang.

“Santunan ini sebagai bentuk pertolongan pertama. Nanti juga dimasukan program lainnya seperti program bantuan pangan non tunai (BPNT), termasuk pemberdayaan ekonomi dalam rangka pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Dengan kartu Waluya tersebut, Endi dan Sursih bisa berobat secara gratis ke RSUD atau tempat lainnya yang menjamin BPJS. Supaya keduanya bisa sembuh dan berjalan seperti sediakala.

Di tempat yang sama Kepala UPTD Puskesmas Baregbeg Gurlia Bayurini menjelaskan untuk lansia yang lumpuh pasien Sursih memiliki riwayat pernah terjatuh namun tak melakukan pengobatan lanjutan. Setelah dibiarkan akhirnya otot kakinya mengecil dan akhirnya lumpuh.

“Sebetulnya dari Puskesmas sering ada kunjungan pemeriksaan, mantri juga sering kesini. Ketika puskesmas menyarankan ke rumah sakit, memang pasien ini takut,” kata Gurlia.

Gurlia mengatakan status dari pasangan lansia ini awalnya adalah masyarakat mampu, namun setelah sakit dan usahanya tidak jalan kini menjadi tidak mampu.

“Sekarang sudah mendapat kartu Waluya, kami siap memfasilitasi, memberi rujukan ke rumah sakit. Di rumah sakit pasien bisa dirawat dengan baik dan besar harapan bisa sembuh,” terangnya.

Sementara itu, Eni Herni (45), keponakan Endi, berterimakasih kepada Pemkab Ciamis dan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan kepada bibi dan pamannya untuk sembuh.

“Terimakasih kepada pemerintah dan semuanya yang telah membantu, semoga amal ibadahnya mendapat balasan,” pungkasnya. (Ayu/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.