Pasca Libur Lebaran, Permohonan Surat Pindah di Kantor Disdukcapil Ciamis Meningkat

by -1,420 views

CIAMIS – Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, ratusan warga di Kabupaten Ciamis memadati Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis, Rabu (12/6/2019).

Kedatangan ratusan warga tersebut tiada lain untuk mengurus dokumen kependudukan seperti, perekaman e-KTP, Kartu Keluarga, akte kelahiran dan surat pindah kependudukan.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Kabupaten Ciamis, H. Didin mengatakan, pasca libur lebaran permohonan pengurusan dokumen kependudukan meningkat hingga mencapai 200 orang setiap harinya, sedangkan untuk hari-hari biasa hanya sekitar 60 sampai 70 orang setiap harinya.

“Paling banyak itu mengurus surat-surat pindah kependudukan yang mencapai 150 hingga 200 orang setiap harinya, kalau untuk perekaman e-KTP masih stabil hanya ada peningkatan sedikit,” katanya.

Kedatangan ratusan warga dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Ciamis ini tidak hanya untuk membuat e-KTP dan surat pindah saja, tetapi banyak juga yang merubah status identitasnya seperti, pekerjaan, tempat tinggal dan pernikahan.

“Kenaikan ini di dominasi oleh kalangan muda, yang ingin merantau keluar kota,” jelas Didin.

Didin menuturkan, meskipun banyak warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan ke kantor Disdukcapil Ciamis, namun pelayanan kepada warga tidak dibatasi, untuk loket pelayanan juga tidak ada penambahan karena tidak ada lagi ruangan dan SDM.

“Sebenarnya kami juga menginginkan adanya penambahan loket pelayanan, tapi ruanganya juga tidak ada, ditambah lagi sumber daya manusianya juga sedikit. Tetapi kami tidak ada batasan untuk melayani masyarakat agar semuanya terurus,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.