Pasific Paint Gelar Festival Religi dan Resmikan Program Revitaslisasi Pesantren Sirnarasa Ciamis

by -1,447 views
Salah satu Lukisan Mural bernuansa Islam Disepanjang Dinding Pesantren Sirnarasa. Pasipic Paint telah Menginisiasi Program Revitalisasi Pondok Pesantren Sirnarasa (Foto: Aep Saepulloh)

Ciamis – Pioneer Perusahaan Cat Nasional, Pasific Paint menggelar festival Religi dan meresmikan Program revitalisasi Pesantren Sirnarasa. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 12 – 13 Juni 2019 di Kompleks Pesantren Sirnarasa – Panjalu – Ciamis – Jawa Barat.

Festival religi Sirnarasa diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya bazar kuliner yang menampilkan berbagai makanan olahan ciri khas Ciamis, Souvenir ciri khas pesantren serta Hiburan Panggung terbuka yang menampilkan berbagai kesenian bernuansa Islami.

Direktur Pasific Paint Suryanto Tjokrosantoso mengungkapkan, Pasific Paint merupakan pioneer perusahaan cat di Nusantra, dibangun 2 tahun setelah Indonesia merdeka tahun 1947. Ia meyakini hidup butuh warna dan salah satunya bersumber dari keragaman budaya.

“Untuk membantu mewujudkan generasi penuh warna tanpa melupakan nilai nilai agama dan budaya, Pasific paint menginisiasi penyelenggaraan Festival Religi dan melakukan Revitalisasi Pondok pesantren Sirnarasa di Kabupaten Ciamis” kata Suryanto.

Dituturkan Suryanto, kegitan tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian dan kesadaran akan tanggungjawab sosial Perusahaan.

Sementara itu, Sesepuh Pondok Pesantren Sirnarasa yang juga Mursyid ke-38 Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) Suryalaya Syekh Muhammad Abdul Gaos SM mengapresiasi kegiatan yang melibatkan perusahaan Cat tertua di Nusantara tersebut. Menurutnya, kepedulian perusahaan telah mampu meningkatkan sarana dan prasarana pesantren dalam proses belajar mengajar.

“Melalui Program revitalisasi ini saya berharap kedepannya ada peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren” ungkapnya.

Diketahui, Kegiatan Festival religi Sirnarasa berbarengan dengan wisata religi manaqib yang dicanangkan Kementrian Pariwisata RI beberapa waktu lalu. Belasan Ribu ikhwan TQN yang datang dari berbagai daerah di Nusantara ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Tak ayal keindahan berbagai sudut pesantren dengan berbagai warna cat serta lukisan Mural bernuansa Islami disepanjang dinding pesantren membuat pengunjung merasa betah apalagi dimanjakan dengan iringan musik religi dari santri yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya islami.

Seperti diketahui, setiap bulannya ribuan ikhwan TQN Suryalaya mengikuti Wisata Religi Manaqib di Pesantren ini. Implikasi dari wisata ini membuat perekonomian masyarakat sekita terus bergeliat. Setiap bulannya, Ratusan pedagang ikut meraup rejeki berlimpah dari wisata religi ini. Dari mulai pedagang makanan (kuliner), Souvenir ciri khas pesantren hingga penjual pakaian. Ada juga beberapa rumah yang beralih fungsi menjadi Cottage dan disewakan kepada pengunjung.

Pengasuh Pondok Pesantren Sirnarasa, KH. Dadang Mulyawan, M.Sos mengungkapkan Festival Religi dan Revitasisasi Pesantren Sirnarasa yang diinisiasi Pasific Paint telah memberikan warna baru bagi pesantrennya.

“Sesuai dengan merk dagang perusahaan Cat Pasific Paint. Kegiatan ini telah memberikan warna baru bagi perjalanan sebuah pesantren. Bukan hanya secara fisik namun mampu menggugah pentingnya persatuan dalam keragaman budaya dan kemajemukan sebuah bangsa. Kami berharap, kegiatan ini mampu menjadi jembatan emas menuju masyarakat religius dengan inisiasi sebuah perusahaan yang peduli dengan pesantren” pungkasnya. (Aep/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.