Pemda Pangandaran Akan Terbitkan Perda Perlindungan Terhadap Penderita HIV/AIDS

Ilustrasi. *Internet

IlustraPANGANDARAN-Pemerintah daerah Pangandaran akan terbitkan Peraturan Daerah untuk perlindungan penderita HIV/AIDS guna memberikan perlindungan hukum dan HAM terhadap ODHA.

Sekretaris Daerah Pangandaran Mahmud mengatakan, sebagai daerah pariwisata, Pangandaran memiliki potensi resiko besar terjadinya penularan HIV/AIDS.

“Turis asing atau dan lokal yang datang ke Pangandaran lebih dari 2,5 juta wisatawan pada tahun 2015, tentu ini akan berdampak ke berbagai hal diantaranya kesehatan dan pendidikan,” kata Mahmud.

Langkah pemerintah daerah untuk membentengi generasi muda diantaranya dengan program ajengan masuk sekolah, magrib mengaji dan yang lainnya.

“Untuk melindungi penderita HIV/AIDS kami juga akan persiapkan penyusunan dan penerbitan Perda,” tambah Mahmud.

Sementara Sekretaris KPA Provinsi Jawa Barat Iman Tedjarachman mengatakan, perlu ada dorongan dari seluruh pihak agar Perda HIV/AIDS terbentuk.

“Perda tersebut sebagai payung hukum untuk melindungi ODHA dan sudah menjadi program prioritas nasional yang harus disikapi oleh pemerintah daerah,” kata Iman.

Dia menambahkan, sampai saat ini di Jawa Barat baru ada 15 Kabupaten/Kota yang sudah memiliki Perda, yang 12 Kabupaten/Kota lainnya belum, termasuk Pangandaran.

“Negara dan daerah yang memiliki destinasi wisata seperti Pangandaran memiliki potensi HIV/AIDS yang cukup besar,” pungkasnya. (S Abdi/Nolduanews.com)