Pementasan Wayang Ajen Pukau Ribuan Masyarakat Ciamis

by
Pertunjukan wayang Ajen di Alun-alun Ciamis Sabtu (20/8/2016) malam dipadati ribuan penonton.*

CIAMIS- Ribuan masyarakat Kabupaten Ciamis memadati Alun-alun Ciamis untuk menyaksikan penampilan Wayang Ajen yang dipersembahkan Kementerian Pariwisata melalui gelaran pentas seni bertajuk “Pesona Galuh Nagari” Sabtu (20/8/2016) malam.

Mereka (masyarakat) terpukau dengan pementasan wayang Ajen yang merupakan kesenian yang diciptakan oleh putera daerah Ciamis yaitu Ki Dalang Wawan Gunawan.

Pementasan wayang yang didalangi Ki dalang ajen Wawan Gunawan menampilkan wayang bertema Panggaluh Nagari dengan mengangkat issu terkait kekerasan seksual dan tokoh Pamuda Panggaluh Nagari sebagai contoh karakter generasi muda yang menjunjung budaya sebagai landasan penggas kerja nyata dan menjadi contoh baik yang berpengaruh bagi masyarakat.

Ki Dalang Wawan Gunawan Ajen adalah tokoh seniman yang fundamental bagi masyarakat Tatar Galuh, sebagai contoh warga Ciamis bisa berbicara dikancah Internasional melalui budaya.

“Saya asli dari Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, melalui penampilan wayang ajen ini, semoga dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terutama generasi muda terhadap seni tradisi dan budaya yang ada,” katanya seusai kegiatan.

Kata Wawan, wayang ajen diambil dari Bahasa Sunda yang artinya ngajenan. Ngajenan artinya menghargai atau sesuatu yang diberikan penghormatan atau penghargaan. Sehingga lahirnya Wayang Ajen dari proses kesadaran generasi muda pada wayang golek Sunda tradisi yang asli dengan eksplorasi kreatif. Wayang Ajen juga merupakan Seni Tradisi yang diakui UNESCO.

Dalam mengenalkan seni tradisi dan budaya kepada generasi muda harus ada paradigma yang dirubah seperti salahsatunya paradigma sakralnya Wayang.

“Wayang itu tidak mistis, menyeramkan atau sakral, wayang itu seni yang bisa dimainkan dan dinikmati oleh semua kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Maka dari itu Ki Dalang Ajen Wawan Gunawan berharap,  melalui wisata Budaya ini siswa dan siswi yang hadir dipersilahkan untuk memainkan wayang sepuasnya, kalau rusak biarkan karena ada bengkelnya.

Pementasan Wayang Ajen tersebut mendapat animo yang luar bisa dari masyarakat Ciamis. Seperti salahsatunya Irfan (26) warga Kertasari Ciamis yang ditemui saat menyaksikan Ki Dalang Ajen beraksi dengan wayang berbahan fiberglass tersebut.

Kata dia, sudah sangat lama warga Ciamis tidak disajikan hiburan tradisi bernuansa budaya, makanya pementasan ini merupakan hadiah bagi masyarakat Ciamis. “Antusiasme masyarakat yang hadir membuat pentas wayang masih menjadi salah satu sajian yang wajib untuk dipertahankan dan disajikan secara konsisten oleh pemerintahan Ciamis,” ujar Dadang.

Selain menampilkan pentas Wayang Ajen, Pesona Galuh Nagari juga menampilkan sejumlah seni tradisi Khas Ciamis seperti Bebegig Sanggar Baladewa Sukamantri yang sudah mendapat penganugrahan ORI sebagai seni khas Ciamis.(Dede Rifa’i/NDNews)***

2 thoughts on “Pementasan Wayang Ajen Pukau Ribuan Masyarakat Ciamis

Leave a Reply

Your email address will not be published.