Penggalang Dana Kemanusiaan Harus Seijin BPBD Setempat

0
1 views

CIAMIS – Maraknya penggalangan dana bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, oleh sejumlah masyarakat Ciamis yang biasa ditemui di Persimpangan Jalan-Jalan di Kota Ciamis ternyata harus ada rekomendasi dari BPBD Kabupaten Ciamis supaya tidak ilegal atau liar.

“Disini kita bicara masalah benar atau tidak benar, dan masalahnya legal dan ilegal. Jadi para penggalangan dana, akan menempuh jalur kordinasi dengan kita, karena ini untuk penggalangan dana kebencanaan mereka pasti datang ke kita meminta rekomendasi untuk penggalangan dana, nah itu yang legal,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani ST. M,Si saat ditemui di ruanganya, Senin (8/10).

Ani menambahkan, adapun di luar itu yang tidak meminta rekomendasi dari BPBD. Mungkin jalurnya itu jalur mandiri, dan mungkin juga tidak tau harus mempunyai rekomendasi dari BPBD, tetapi yang terpenting harus ada contak personya agar bisa dipertanggungjawabkan. Kalau tidak ada pertanggung jawabkanya itu bisa saja ilegal.

“Kalau yang kemarin yang mencari penggalangan dana di jalan sampai tanggal 7 hari Minggu kemarin itu sudah langsung disetorkan ke PMI Ciamis,” ucapnya.

Ani mengungkapkan, untuk mengetahui dan membedakan penggalang dana yang legal dan ilegal. Bagi penggalang dana yang legal itu pasti ada logo dari Pemerintahan dan BPBD serta Contac Person kalau ada contac person sudah tentu ada pertanggung jawabanya.

“Terus kalau penggalang dana itu mencantumkan nomor rekening harus nomor rekening organisasi bukan nomor rekening pribadi, kalau pribadi kita tidak tanggung jawab,” ungkapnya.

Ani menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan penggalangan dana secara legal, maka kordinasi saja dengan pemeritahan setempat, baik itu Rt, Rw dan Camat serta BPBD.

“Agar nanti bisa diarahkan sesuai prosedur yang berlaku agar tidak salah penyaluranya,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here