Connect with us

Terkini

Pengurus HMI Cabang Ciamis Periode 2018-2019 Dilantik

Published

on

CIAMIS – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI Wati (Kohati) Cabang Ciamis Periode 2018-2019 akhirnya dilantik, Rabu (6/2/2019) di Gedung Aula Dinas Pendidikan Ciamis.

Dalam pelantikan tersebut mengusung tema HMI Profetik Memperkuat Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Bingkai Politik Kebangsaan.

Dalam pelantikan ini juga turut hadir, Ketua Badkho HMI Jabar Khoirul Anam, Ketua KNPI Ciamis Tohirin, Ketua PWI Ciamis Deni Hamdani, serta anggota kehormatan PWI Ciamis, Anjar Asmara serta para Alumni HMI.

Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Hernawan mengatakan, At-Turots wal-Tajdid telah memperlihatkan karakter Hasan Hanafi sebagai pemikir yang memiliki kesadaran  tinggi  terhadap kondisi umat Islam, sekaligus warisan-warisan intelektualnya. Kesadaran tersebut jugalah yang mewarnai brand pemikirannya, kiri Islam dengan kekhasan makna Teologi pembebasan.

“Hal ini sejalan dengan Garis Haluan Perkaderan HMI Cabang Ciamis yang ingin berusaha menjaga tradisi-tradisi yang sarat akan intelektual, yang tentunya di topang dengan nilai-nilai spritual sebagaimana yang telah disematkan para pendahulu kita dalam nilai dasar perjuangan HMI. Tradisi-tradisi yang berhasil melahirkan guru-guru bangsa seperti Lafran Pane, Nurcholis Madjid, Agus Salim, Azyumardi Azra, Mahfud MD dan banyak lagi, tersebar diberbagai rabah pengabdian,” katanya.

Akan tetapi, lanjut Hernawan, tidak bisa dipungkiri pada sisi lain kebudayaan modern telah banyak menghegemoni kehidupan umat Islam yang di dalamnya ada HMI. Sehingga banyaknya umat Islam terutama pemuda yang kehilangan pijakan karena terlalu menelan mentah-mentah arus modernisasi, gaya hidup millineal, cita-cita yang tersusupi Revolusi Induatri 4.0.

“Oleh sebab itu, kebudayaan modern juga perlu diperlakukan dengan tepat melalui program kedua, mawqifuna min al-turats al-gharbi atau dalam istilah yang lebih populer al-ahdu biljadidil aslah,” ucapnya.

Hernawan menambahkan, dalam proyek besarnya membela hak-hak umat Islam. Hasan Hanafi memberikan  titik  tekan kepada permasalahan realitas sosial seperti ketertindasan ekonomi, status quo, penjajahan struktural, hegemoni budaya dan lebel dunia ketiga yang negara modern sematkan kepada negara-negara selainnya.

“Hal ini sejalan dengan Arah gerakan yang dicita-citakan oleh khususnya HMI Cabang Ciamis di ranah sosial. Yaitu mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT,” pungkasnya. (Ferry/nolduanews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terkini

Akhirnya Pelantikan Bupati Ciamis Dipastikan 20 April 2019

Published

on

Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra Bupati dan Wakil Bupati terpilih masa bakti 2019-2024. Foto: Istimewa

Ciamis – Setelah sempat menuai polemik dari warga tatar galuh Ciamis yang terkait dengan pelantikan bahkan berujung dengan aksi demo akhirnya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra (HY) akan diaktifkan pada hari Sabtu 20 April 2019.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akhirnya menunaikan janjinya untuk segera melantik Bupati Ciamis. Sudah dijadwalkan bahwa pelantikan dilaksanakan tiga hari setelah Pemilu dilaksanakan. Bahkan surat undangan sudah diterima oleh tamu undangan di Pemkab Ciamis.
Sebelumnya, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis ini ditunda oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dari 7 April menjadi setelah Pemilu. Itu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bernomor 131/2473/SJ.

Plh. Bupati Ciamis Asep Sudarman membenarkan rencana pelantikan tersebut bahkan pihaknya sudah mempersiapkan untuk menghadiri moment yang sudah dinanti – nanti oleh semua warga Ciamis.

“Kami akan menghadiri. Pelantikan Bupati Ciamis akan dilaksanakan hari Sabtu 20 April 2019, jam 08.00 WIB di Gedung Sate. Persiapan sudah dilaksanakan, memang sebelumnya juga kami sudah siap,” ungkapnya.

Dikatakan Asep setelah pelantikan akan dilaksanakan serah terima jabatan dari Iing Syam Arifin kepada Herdiat. Namun untuk waktu dan pelaksanaannya masih dirapatkan oleh Pemkab Ciamis.

“Sesuai peraturan, setelah selesai pelantikan dilaksanakan seremonial serah terima jabatan dari Bupati sebelumnya kepada Bupati baru,” paparnya.

Lebih jauh Asep menuturkan untuk paripurna penyampaian visi dan misi akan dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Ciamis. Namun mengingat saat ini para anggota DPRD tengah memantau proses penghitungan suara hasil Pemilu 2019 sehingga untuk jadwalnya belum diketahui.

“Kami masih menunggu untuk visi misi karena itu kan ranahnya DPRD, sementara karena baru selesai pencoblosan kemungkinan masih disibukkan dengan penghitungan suara,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Continue Reading

Terkini

Intensitas Hujan Tinggi, Dua Rumah Warga di Panumbangan Terancam Tebing Longsor

Published

on

Rumah warga di Dusun Limusagung Desa Payungagung Kecamatan Panumbangan terancam tebing longsor. Foto: Istimewa

Ciamis – Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi dua rumah warga di Dusun Limusagung Desa Payungagung Kecamatan Panumbangan terancam tebing longsor.

Menurut Kabid Darlog BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani, kejadian longsor tersebut akibat kontur tanah tebing yang labil dan tidak kuat menahan curah hujan yang mengguyur di wilayah Panumbangan dan sekitarnya.

“Tebing setinggi 10 meter dengan lebar 5 meter akhirnya longsor menjelang dini hari tadi, Senin (8/4/2019)”, jelasnya.

Ani mengatakan, akibat tebing longsor tersebut satu rumah warga yang berada diatas tebing terancam terseret.

“Rumah milik Pak Ade Samsudin posisinya diatas tebing jadi kalau terjadi longsor rumah ini akan terseret,” imbuhnya.

Dikatakan Ani selain rumah yang ada diatas tebing satu rumah milik Pak Tata yang berada dibawahnya terancam tertimpa material longsoran.

“Kalau tebing ini longsor otomatis material longsoran menimpa rumah Pak Tata,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Continue Reading

Terkini

Tertabrak Bis, Seorang Pelajar Tewas Mengenaskan

Published

on

Video CCTV kejadian tabrakan seorangvpelajar di Lokasana Ciamis, Rabu (3/3/2019). Foto: istimewa

Ciamis – Mega (16) seorang pelajar warga Dusun Lebak Lipung Desa Imbanagara Kecamatan/ Kabupaten Ciamis tewas mengenaskan di jalan raya akibat tertabrak bus di Jalan Raya KH Ahmad Dahlan Ciamis, Rabu (3/4/2019).

Berdasarkan rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian, kecelakaan berawal ketika korban yang mengendarai sepeda motor Honda Vario dengan nopol Z 3655 VZ akan berbelok menuju Taman Lokasana di Jalan Raya KH.Ahmad Dahlan.

Dalam CCTV tersebut terlihat saat korban akan berbelok menuju Taman Lokasana datang sebuah bus dari arah utara dan menabrak korban sehingga korban sempat terseret.red

Sementara itu Kasat Lantas Polres Ciamis AKP. M Bima Gunawan membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya pun telah melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti.

“Korban dibawa ke RSUD Ciamis dan meninggal dalam perawatan medis”.  pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Continue Reading

Trending

%d bloggers like this: