Penuhi Wajib Sekolah 9 Tahun, Ribuan Emak-emak di Ciamis Akan Kembali Sekolah

0
35 views

CIAMIS – Sekitar 11 ribu emak – emak di Kabupaten Ciamis siap mensukseskan  Gerakan Kembali Belajar Kembali Sekolah (GKBKS) guna memenuhi kewajiban wajib sekolah 9 tahun. Para emak-emak itu akan belajar dalam program kesetaraan kejar paket B.

“Bidikan Gerakan Kembali Belajar Kembali Sekolah di Kabupaten Ciamis ada 11 ribu orang emak-emak atau kaum perempuan,” Ujar Indra Maulana, Kordinator PKH Kabupaten Ciamis saat Pencanangan Kegiatan Kembali Sekolah Kembali Belajar Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), Selasa (27/11) di Gedung Dakwah Kecamatan Baregbeg.

Disampaikan Indra, baya sekolah para ibu-ibu ini ditanggung oleh Pemerintah dalam Gerakan Kembali Sekolah Kembali Belajar keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Kembalinya ibu-ibu belajar dapat meningkatkan angka rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Ciamis.

Teknis belajar kata Indra,, akan disesuaikan dan tutor dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Penyelenggara mengupayakan lokasi strategis agar tidak memberatkan kepada para peserta.

“Nantinya, ibu-ibu ini bisa menjadi motivator bagi anak-anaknya. Menjadi teladan bagi anak-anaknya supaya semangat bersekolah. Juga ada life skill atau keterampilan sesuai kemampuannya masing-masing, selain pembelajaran seperti biasa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Drs. H. Wawan S Arifien sangat menyambut baik gerakan Kembali Sekolah Kembali Belajar, bagi kalangan ibu-ibu. Pihaknya akan membantu memfasilitasi agar kegiatan tersebut berjalan lancar.

“Jangan pernah PKBM membuat jadi formal, karena ini non formal jadi harus disesuaikan, dan saya tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here