Peringatan HPN Tahun 2019, PWI Ciamis Gelar Tasyakur dan Doa Bersama

0
37 views

Ciamis – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan Tasyakuran dan Doa Bersama, Sabtu (9/2/2019), di halaman Kantor PWI Kabupaten Ciamis, Jalan Iwa Kusumah Soemantri Ciamis.

Ketua Pelaksana Kegiatan HPN 2019, Aep Saefulloh mengungkapkan, Hari Pers Nasional (HPN) bagi para wartawan merupakan momentum untuk mengevaluasi diri serta instropeksi, sejauh mana peran dan fungsi pers sebagai pemberi informasi kepada publik mampu memberikan nilai manfaat bagi masyarakat.

“Peringatan HPN tahun 2019 menjadi momentum penguatan peran pers sebagai jembatan sekaligus ujung tombak ekonomi kerakyatan berbasis digital, hal ini sesuai tema HPN 2019 tingkat nasional yakni Pers menguatkan ekonomi kerakyatan berbasis digital,” ungkapnya.

Aep mengatakan, HPN sebenarnya itu milik semua wartawan. Semua wartawan berhak untuk merayakannya, namun kenapa saat ini PWI yang memotori penyelenggaraan peringatan ini. Itu karena HPN disahkan oleh Pemerintah dengan mengambil momentum kelahiran PWI yaitu Tanggal 9 Februari 1946.

“Dalam peringatan HPN 2019 ini, PWI Kabupaten Ciamis telah membentuk panitia HPN, guna menjalankan beberapa program kegiatan. Tercatat ada sekitar 9 kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memperingati HPN ini, dimulai tanggal 9 April hingga 21 Maret 2019,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani mengatakan, di Kabupaten Ciamis saat ini sudah banyak wartawan. Tetapi untuk SDM wartawan tersebut, saat ini belum teruji. Itu bisa saja di salah gunakan oleh para wartawan tersebut untuk kepentingan sendiri.

“Kalau di PWI Ciamis, sejumlah wartawan sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan sudah memiliki sertifikat, namun kebanyakan saat ini begitu mudahnya menjadi wartawan, membuat perusahaan media, tetapi tidak memikirkan SDM wartawannya,” pungkasnya. (Ferry/nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here