Peternak Ikan Gurame Di Ciamis Inginkan Asuransi Dan Pencegahan Wabah Penyakit

0
2 views

CIAMIS – Musim hujan yang terus mengguyur Kabupaten Ciamis hingga pertengahan bulan Februari 2018 saat ini, menyebabkan banyak ikan gurame di Ciamis mati dikarenakan wabah penyakit musiman. Akibat dari kejadian ini, peternak ikan gurame di Kabupaten Ciamis rugi besar. Selasa (20/2/2018).

Salah satu peternak ikan dan juga mitra petani Ikan di Pasar Ikan Imbanagara Kecamatan Ciamis Eka (48) mengatakan matinya ikan gurame ini dikarenakan cuaca yang tidak menentu serta iklim yang cukup tinggi dan menyebabkan banyaknya wabah penyakit ikan dari mulai bakteri hingga virus yang membahayakan.

“Wabah penyakit ikan gurame yang mematikan ini, bukan kali ini saja, tapi tahun-tahun sebelumnya juga pernah terjadi kejadian seperti ini,” ujarnya kepada Nolduanews.com saat ditemui di Pasar Ikan Imbanagara.

Eka mengatakan, disaat ikan gurame Ciamis ini banyak diminati oleh pasar dari luar daerah, tetapi malah produksi ikan gurame di Ciamis menurun drastis karena disebabkan terkena wabah penyakit.

“Untuk saat ini pasar dari daerah luar Ciamis yang biasanya memasok ikan gurame dari Ciamis, sekarang malah memasok ke daerah lain karena banyaknya permintaan dari konsumen,” jelasnya.

Eka berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis serta intansi terkait untuk bisa menanggulangi masalah ini serta mencegah wabah penyakit ikan gurame. Karena ikan gurame Ciamis ini sangatlah berpotensi untuk perkembangan ekonomi Kabupaten Ciamis.

“Saya juga berharap kedepanya ada asuransi perikanan, seperti halnya asuransi lainya. Jadi kalau terkena musibah seperti ini peternak ikan tidak akan rugi sepenuhnya. Di Karenakan adanya asuransi perikanan yang bisa membantu memfasilitasi peternak ikan,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here