Polres Ciamis Bekuk 6 Pelaku Komplotan Curanmor Satu Diantaranya Residivis

by -3 views

Ciamis – Jajaran Satreskrim Polres Ciamis berhasil mengamankan 6 pelaku komplotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di Ciamis, Banjar dan Indramayu. Bahkan satu diantara pelaku tersebut merupakan residivis. Mereka adalah AP (44) warga Lakbok, Ciamis, AS (17), UB (17), PA dan IS (21) warga Garut, JL (24) warga Tasikmalaya.

“Satu diantara enam pelaku itu residivis yang menjadi otak komplotan ini. Dalam aksinya mereka berbagi tugas ada yang sebagai pemetik kendaran dan ada juga yang bertugas membawa kendaraan dan berjaga mengawasi sekitar lokasi,” jelasnya.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan setelah menerima laporan dari masyarakat pihaknya langsung menindaklanjuti laporan tersebut.

“Kami melakukan penyelidikan selama satu bulan dan berhasil mengamankan 6 pelaku curanmor yang telah melakukan aksinya di 12 lokasi di Ciamis,” jelas Bismo.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti 9 sepeda motor dan 3 mobil. Komplotan ini beraksi antar daerah yakni 12 kali di Ciamis, 8 kali di Tasikmalaya, 2 kali di Banjar dan Indramayu.

Kapolres menuturkan dalam aksinya pelaku telah melakukan pengintaian terlebih dahulu. Saat melakukan pencurian pelaku merusak kunci kontak kendaraan sepeda motor dan merusak pintu mobil dengan menggunakan kunci palsu.

“Dari tangan pelaku kami telah mengamankan 7 buah mata kunci palsu ujung lancip terbuat dari besi, kunci leter Y, 2 kunci leter L dan 2 buah kabel soket yang diduga untuk menghidupkan kendaraan,” imbuhnya.

Atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancamam hukuman 7 tahun penjara. (Ayu/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.