Polres Ciamis Gelar Operasi Perbatasan Antisipasi Gerakan Masa Aksi 22 Mei ke Jakarta

by -1,075 views

Ciamis – Untuk mengantisipasi adanya pengerahan masa yang bisa menimbulkan kerawanan, keamanan dan ketertiban Polres Ciamis melakukan operasi penyekatan masa yang akan bergerak mengikuti kegiatan people power ke Jakarta.

Pemeriksaan terhadap kendaraan umum dan mobil pribadi ini melibatkan pasukan gabungan dari unsur TNI, Polri, BKO Brimob dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di batas kota Ciamis – Cijeungjing, Simpang 4 Cihaurbeuti, depan Mako Polsek Panawangan dan Simpang 3 Bahagia Sindangkasih.

Namun demikian hingga sweeping berakhir, petugas tidak menemukan kecurigaan terhadap penumpang angkutan umum maupun mobil pribadi mengangkut massa yang hendak ke Jakarta dengan tujuan mengikuti people power. Selain itu saat dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan, petugas juga tidak menemukan barang yang mencurigakan.

“Kegiatan ini dalam rangka siaga satu, sekaligus melaksanakan cipta kondisi serta upaya melakukan penyekatan massa yang akan menuju Jakarta. Fokusnya terhadap mobil penumpang dengan tujuan utamanya jurusan Jakarta,” tutur Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso usai melakukan sweeping.

Dia mengatakan kegiatan operasi cipta kondisi tersebut dibagi menjadi dua, yakni patroli berskala besar, serta operasi dengan sasaran membawa bahan peledak, senjata tajam, minuman keras serta narkoba.

Lebih lanjut dia mengatakan posisi Kota Ciamis yang strategis karena berada di wilayah perbatasan langsung antara Kuningan dan Majalengka menjadi akses utama lintas utara menuju Jakarta. Kegiatan penyekatan tidak dilakukan di wilayah perbatasan, akan tetapi juga akses jalur alternatif lainnya.

“Selama pelaksanaan kegiatan penyekatan, kami belum menemukan adanya mobilisasi massa yang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti giat people power,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.