Polres Ciamis Ringkus Pelaku Penyebar Video Hoax Di Sosmed

CIAMIS – Jajaran Kepolisian Polres Ciamis berhasil mengamankan YD (31) Warga Perum Side, Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, yang merupakan pelaku penyebar video hoax di sosial media.

“Jadi tersangka ini pada saat itu di tilang oleh salah satu anggota Satlantas, ketika sedang ditilang, rekan tersangka melakukan video, yang saat itu sedang melakukan transaksi denda di tempat, namun tersangka malah menyebar video tersebut dengan tuduhan anggota satlantas tersebut sedang melakukan pungutan liar (Pungli),” ujar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso saat konferesi Pers di Mapolres Ciamis, Selasa (8/1/2019).

Bismo mengatakan, setelah melihat video yang sudah fulgar di sosial media. Korban tidak menerimanya, dan melakukan pelaporan kepada petugas Polres Ciamis, karena dianggap mencemarkan nama baik.

Setelah mendapatkan laporan, lanjut Bismo, pihaknya langsung melakukan penyidikan dan penangkapan kepada tersangka.

“Karena korban tidak terima tentang video tersebut, korban langsung lapor kepada pihak kepolisian, dan kami langsung terjun kelapangan untuk melakukan penangkapan,” katanya.

Tersangka berhasil ditangkap dengan barang bukti berupa sebuah Handphone yang digunakan tersangka untuk melakukan video dan menyebarkan ke sosial media.

“Tersangka kami jerat dengan pasal 27 ayat (3) jo pasal 45 ayat (3) UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE, dan hukuman pidana selama 4 tahun penjara, dan denda sebanyak Rp. 750 juta,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)