Ponpes Darusalam Ciamis Kedatangan Gubernur Jabar, Para Santri Antusias

Gubernur Jawa Barat H.Muchammad Ridwan Kamil didampingi Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam dalam Legiatan Silaturahmi ke Pesantren Darussalam. (Feri)

CIAMIS – Pondok Pesantren Darusalam Ciamis mendapat kunjungan dari orang nomor satu di Jawa Barat yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kedatangan Ridwan Kamil dalam rangka untuk silaturahmi dengan keluarga besar Pondok Pesantren dan santri/santriwati Darusalam Ciamis, Minggu (20/1/2019) di Aula Gedung Nadwatul Ummah Darusalam Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Pengasuh Pondok Pesantren Darusalam Ciamis, Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, M. Ag mengatakan, ini suatu kehormatan sekali bisa kedatangan orang nomor satu di Jabar yaitu Gubernur Jabar H. Mochamad Ridwan Kamil. Sebelumnya memang ada wacana bahwa Ridwan Kamil akan datang ke sini, namun alhamdulilah baru hari ini Ridwan Kamil mengunjungi Darusalam.

“Pada bulan kemarin, waktu Ridwan Kamil belum menjadi Gubernur. Memang ada laporan akan mengunjungi Darusalam, namun ada satu hal beliau tidak sempat, dan Alhamdulilah sekali setelah menjadi Gubernur akhirnya Ridwan Kamil mengunjungi Ponpes Darusalam, dan itu suatu kehormatan bagi saya dan para santri,” katanya.

Kang Icep sapaan akrabnya Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi mengungkapkan, dengan konsep-konsepannya pembangunan Ridwan Kamil kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Ciamis untuk Pesantren-Pesantren menitipkan kepada masyarakat untuk mendukung program yang selaras dengan nilai syariat islam.

Para santri menghadiri kegiatan silaturahmi Gubernur Jawa Barat dengan Pondok Pesantren Darussalam di Gd. Nadwatul Ummah. (Feri)

“Seperti tantangan dakwah digital, supaya mengimbangi informasi-informasi yang saat ini beredar, seperti fitnah-fitnah, hoax dan lain sebaginya. Itu adalah gebrakan yang sangat positif, karena selama ini kita diberikan informasi-informasi hoax, itu bisa berjalan dengan baik karena santri siap mendukung,” ungkapnya.

Untuk menangkal Hoax itu di lingkungan Pondok Pesantren Darusalam, menurut Kang Icep. Pihaknya telah mengajarkan kepada para santri agar segala sesuatu itu harus tabayun, jadi kalau menerima informasi itu jangan mudah di percayai.

“Kita jangan sembarangan menerima informasi yang merugikan umat islam, karena segala sesuatu itu harus di cari tau dulu faktanya, jangan asal menerima informasi aja,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya saat ini mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan motivasi kepada para santri, ustadz, dan kyai di Ponpes Darusalam Ciamis. Agar menjadi masyarakat yang maju secara ekonomi, ilmu tapi juga maju secara spritualitas, keagamaan.

“Menitipkan ke semuanya juga untuk menjaga kesatuan, karena itu modal yang mahal untuk membangun Indonesia. Jangan sampai dengan beda pilihan kita bermusuhan. Mudah-mudahan dengan semua itu kita bisa ada kemajuan,” katanya.

Kalau sudah bersatu, lanjut Ridwan Kamil nanti akan lebih mudah membangun pesantrennya lebih mudah, ada banyak program seperti membangun infrastruktur pesantren, ada dakwah digital, bahasa inggris untuk ulama, kredit tanpa bunga, dan lain sebaginya, itulah wajah semangat Jabar Juara.

“Saya menitipkan kepada alumni Darusalam ini harus terkenal sebagai alumni yang selalu mengajak tabayun dalam menyerap informasi. Karena masalah Indonesia saat ini adalah perang informasi, dari Pemprov sudah membuat Jabar Saber Hoax kombinasi masyarakatnya yang tabayun dan teknologi anti hoax, insya alloh Jabar tenang akan membangun lebih baik lagi,” pungkasnya. (Ferry/nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here