PPDB Membludak, SMA Favorit di Ciamis Batasi Pendaftar

by -46 views

Ciamis – Mengantisipasi membludaknya calon siswa baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) beberapa SMA di Ciamis membatasi jumlah pendaftar setiap harinya. Pantauan Nolduanews pada hari pertama PPDB, Senin (17/6/2019) ratusan pendaftar mendatangi SMA sejak pagi untuk antre.

Di SMA Negeri 1 Ciamis hari pertama PPDB nomor antrean sudah mencapai 587 pendaftar. Sedangkan yang akan dilayani hanya mencapai 200, itu akan dilayani sampai pukul 15.00 WIB.

“Ada 5 jalur penerimaan diantaranya zonasi, perpindahan, KETM dan prestasi, kuota di SMA 12 Rombel kali minimal 32 murid maksimal 36 orang. Pembatasan ini untuk mencegah antre yang menumpuk di sekolah, jadi 201 berikutnya akan dilayani pada hari besoknya. Sekarang sudah terisi sampai hari Rabu,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Ciamis Wawan.

Dikatakan Wawan pembatasan ini dikarenakan jumlah operator di sekolah terbatas. Sehingga kalau tidak dibatasi jumlah pendaftarnya tidak akan terlayani.

Sementara itu antrian yang panjang juga terlihat di SMA Negeri 2 Ciamis. Meskipun jumlah pendaftar per per hari dibatasi hanya 150 orang saja namun pendaftar di hari pertama sudah membludak.

Kepala SMA Negeri 2 Ciamis Endang Rahmat mengatakan sudah ada 300 lebih yang datang, sebagian diantaranya ada yang rela datang pada pukul 05.00 WIB. Tapi pembukaan pendaftaran dilaksanakan pukul 07.00 WIB.

“150 yang bisa dilayani, untuk sebagian terpaksa pulang lagi tapi sudah dapat nomor antrean yang akan dilayani pada besok hari. Pembatasan pendaftar ini tidak semua sekolah memberlakukannya, tergantung kebijakan sekolah,”pungkasnya. (Ayu/nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.