PPK Cikoneng Pastikan Santri Bisa Memilih

0
57 views
PPK Cikoneng bersilaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren Nurussalam Kecamatan Cikoneng, Senin(25/2/2019). Foto: Ata/ndn

Ciamis – Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) Cikoneng secara aktif terus menyisir potensi pemilih untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019. Salah satu targetnya adalah pondok pesantren. Beberapa pesantran di wilayah Kecamatan Cikoneng dikunjungi untuk memastikan bahwa santri yang memenuhi syarat dapat memberikan hak pilihnya di TPS, ungkap Edi Yuswadi saat ditemui di sekretariat PPK Cikoneng, Senin, (25/2/2019).

“PPK Cikoneng akan memastikan bahwa santri yang mondok di Pesantren wilayah Kecamatan Cikoneng dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019”, ungkap Edi.

Lingkungan Pondok Pesantren Nurussalam Kecamatan Cikoneng, Senin (25/2/2019). Foto: Ata/Ndn

Ketua PPK Cikoneng, Edi Yuswadi menyebutkan bahwa dari beberapa pesantren ada yang meliburkan santrinya sehingga dapat memilih di TPS asal. Tetapi ada juga pesantren yang memilih tidak meliburkan santrinya sehingga harus di akomodir agar bisa memilih di TPS sekitar pondok pesantren.

Salah satu pesantren yang tidak meliburkan santrinya adalah Pondok Pesantren Nurussalam Kujang. Pengasuh Pondok Pesantren Nurussalam Abdul Jalal menyebutkan jumlah santrinya sebanyak 450 orang telah di data untuk di daftarkan sebagai DPTB di PPS Desa Kujang.

Dari sebanyak 450 santri hanya 89 santri yang memenuhi syarat sebagai pemilih. Sisanya belum memenuhi syarat dikarenakan belum memasuki usia pemilih.

Ketua PPS Desa Kujang, Uman Setiaman menyebutkan bahwa dari 89 orang santri yang masuk DPTB akan disebar di beberapa titik TPS di sekitar Ponpes. Jadi santri tidak perlu pulang kampung untuk memberikan hak pilihnya. Mereka cukup menunjukan form A.5 yang di bagikan sebagai syarat memilih di TPS terdekat.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurussalam menyambut baik inisatif PPK Cikoneng yang memfasilitasi santrinya untuk dapat memberikan hak pilih. Ia akan mendorong santrinya agar tidak golput dalam pemilu 2019. Ata/Nolduanews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here